alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Riset Fakultas Dakwah UIN Sunan Ampel; Islam di Tuban Belum Setua di Gresik

Chandra Iswinarno Kamis, 11 Maret 2021 | 15:45 WIB

Riset Fakultas Dakwah UIN Sunan Ampel; Islam di Tuban Belum Setua di Gresik
Tim riset dari Fakultas Dakwah UIN Sunan Ampel Ketua Tim Penulis Prof Nur Syam menyerahkan hasil riset ke Bupati Tuban Fathul Huda. [Bloktuban.com]

Riset Tim Fakultas Dakwah UIN Sunan Ampel Surabaya menyimpulkan Islam yang berada di Kabupaten Tuban belum sama tuanya dengan Islam yang ada di Gresik.

SuaraJatim.id - Tim Fakultas Dakwah UIN Sunan Ampel Surabaya dalam penerbitan buku Tuban Bumi Wali The Spirit of Harmoni menyimpulkan Islam yang berada di Kabupaten Tuban belum sama tuanya dengan Islam yang ada di Gresik.

Ketua Tim Penulis Prof Nur Syam mengungkapkan, sebenarnya dia bersama timnya sangat berani menyampaikan, jika Islam di Tuban setua dengan islam di Gresik. Namun sayangnya, dari beberapa artefak yang ada ternyata belum memenuhinya.

Untuk diketahui, dia bersama timnya membutuhkan waktu 3,5 bulan untuk melakukan riset dan juga sempat meminta waktu seminggu untuk melakukan perbaikan berdasarkan masukan dari bedah buku yang dilakukan sebelumnya.

"Semoga lanjutan penelitian ini menemukan atau meyakini bahwa Islam di Tuban sama dengan Islam di Gresik,” katanya seperti dilansir Bloktuban.com-jaringan Suara.com.

Baca Juga: Jokowi: Selamat Memperingati Isra Miraj 1442 H

Dalam beberapa waktu terakhir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menjalin kerjasama dengan penulis tim dari Fakultas Dakwah UIN Sunan Ampel Surabaya. Lebih lanjut, Nur Syam berharap buku Tuban Bumi Wali the spirit of harmoni siap untuk dicetak.

Sedangkan draf buku yang secara simbolis diberikan kepada Bupati Tuban menjadi penanda buku tersebut telah rampung.

“Saya sampaikan terimaksih atas kerjasama dengan tim," ujarnya.

Dalam isi buku tersebut dijelaskan 73 wali yang berhasil dilacak dari 193 wali dalam riset tiga bulan tersebut. Selain itu, dia juga menjelaskan penyebaran Agama islam di Kabupaten Tuban yang sama tuanya dengan di Gresik.

Sementara itu, Bupati Tuban Fathul Huda juga mengungkapkan tentang kerja sama antara pemkab dengan beberapa universitas di Indonesia. Dari semua kerja sama yang dilakukan, kebanyakan hanya formalitas saja atau tidak memiliki hasil untuk kemajuan Kabupaten Tuban.

Baca Juga: Pengertian dan Kisah Isra Miraj Nabi Muhammad SAW ke Sidratul Muntaha

“Saya bertanya apa esensi kerja sama antara fakultas atau universitas dengan Pemkab, selama saya menjabat itu semua kebanyakan formalitas. Semoga buku ini dapat dikembangkan lagi walapun saya tidak menjabat lagi,” ujar Bupati Huda.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait