alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Siap-siap! Puasa Ramadan Nanti Wilayah Indonesia Sudah Masuk Musim Kemarau

Muhammad Taufiq Jum'at, 26 Maret 2021 | 07:11 WIB

Siap-siap! Puasa Ramadan Nanti Wilayah Indonesia Sudah Masuk Musim Kemarau
Perkiraan musim kemarau. (BMKG)

Pekan pertama April nanti umat Islam di seluruh dunia bakal memasuki bulan Puasa Ramadan. Namun akan ada perubahan musim dari hujan ke kemarau.

SuaraJatim.id - Pekan kedua April nanti umat Islam di seluruh dunia bakal memasuki bulan Puasa Ramadan. Namun akan ada perubahan musim dari hujan ke kemarau saat Ramadan nanti.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), memprediksi awal kemarau di sebagian Provinsi di Indonesia akan dimulai pada April 2021. Artinya akan ada perubahan cuaca yang semula mendung, dingin dan hujan menjadi panas.

Seperti dijelaskan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Kantor BMKG Jakarta, musim kemarau ini akan berlangsung bertahap mulai April hingga Juli nanti.

"Musim kemarau akan dimulai secara bertahap mulai April hingga Juli nanti," katanya, seperti dilansir dari Antara, Kamis (25/03/2021).

Baca Juga: BMKG Peringatkan Potensi Karhutla di Puncak Musim Kemarau 2021

Dwi menyebutkan, prediksi kemarau akan mulai terjadi pada April 2021 yaitu untuk wilayah Nusa Tenggara dan Bali, lalu wilayah Jawa, kemudian sebagian wilayah Kalimantan dan Sulawesi pada Mei hingga Juni 2021.

Dari total 342 Zona Musim (Zom) di Indonesia, sebanyak 22,8 persen diprediksi akan mengawali musim kemarau pada bulan April 2021, yaitu beberapa zona musim di Nusa Tenggara, Bali, dan sebagian Jawa.

Kemudian sebanyak 30,4 persen wilayah akan memasuki Musim Kemarau pada bulan Mei 2021, meliputi sebagian Nusa Tenggara, sebagian Bali, Jawa, Sumatera, sebagian Sulawesi, dan sebagian Papua.

Sementara itu, sebanyak 27,5 persen wilayah akan memasuki Musim Kemarau pada bulan Juni 2021, meliputi sebagian Sumatera, Jawa, sebagian Kalimantan, sebagian Sulawesi, sebagian kecil Maluku, dan Papua.

"Musim Kemarau pada tahun 2021 akan datang lebih lambat dengan akumulasi curah hujan yang mirip dengan kondisi musim kemarau biasanya. Artinya, musim kemarau 2021 cenderung normal dan kecil peluang terjadinya kekeringan meteorologis," ujar Dwi.

Baca Juga: BMKG: Kemarau Diperkirakan Mulai April Besok

Sedangkan puncak musim kemarau 2021 di sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi terjadi pada bulan Agustus 2021. Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, institusi terkait, dan seluruh masyarakat diharapkan untuk lebih siap dan antisipatif.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait