alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Penyebab Ikan Paus Terdampar di Perairan Dangkal Jawa Timur Versi BMKG

Muhammad Taufiq Senin, 05 April 2021 | 17:23 WIB

5 Penyebab Ikan Paus Terdampar di Perairan Dangkal Jawa Timur Versi BMKG
Paus terdampar di Tuban Jawa Timur [Tangkapan layar Instagram]

Beberapa waktu terakhir fenomena langka ikan paus terdampar terjadi di perairan dangkal daerah di Jawa Timur.

SuaraJatim.id - Beberapa waktu terakhir fenomena langka terjadi di perairan dangkal daerah di Jawa Timur, yakni terdamparnya ikan paus berukuran jumbo di perairan Tuban.

Di hari yang sama Paus Orca juga terdampar di perairan Banyuwangi Jawa Timur. Jauh sebelumnya, sejumlah ikan paus juga terdampar di perairan Bangkalan Madura.

Kepala BMKG stasiun Meteorologi Tuban Rofiq Isa Mansur mengatakan fenomena yang kerap terjadi pada biota laut ini, termasuk terdamparnya ikan paus di tepian pantai dangkal Tuban bisa disebabkan 5 hal.

Berikut ini 5 penyebab terdamparnya sejumlah ikan paus di perairan laut dangkal di Jawa Timur, seperti dikutip dari timesindonesia.co.id, jejaring media suara.com:

Baca Juga: Viral Video Detik-detik Nelayan Tuban Ramai-ramai Tolong Paus Terdampar

1. Sistem navigasi paus

Ikan Paus punya sistem navigasi dapat menunjukan ke arah mana ia berenang. Kalau penunjuk arah ini terganggu paus akan merasa bingung. Akhirnya akan tersesat dan bisa terdampar ke perairan yang dangkal.

Sistem navigasi terganggu disebabkan banyak hal. Di antaranya aktivitas kapal perang atau pengukur kedalaman yang mengeluarkan suara tinggi atau dikenal istilah sonar.

2. Bencana Alam

Selain itu, Rofiq Isa menerangkan alasan kedua paus terdampar disebabkan terjadinya bencana alam seperti gempa bumi karena gunung meletus atau gempa bawah laut (undersea quake).

Baca Juga: Nelayan Ramai-ramai Menolong Paus Terdampar di Kabupaten Tuban

"Seperti hewan lain, paus juga punya naluri terhadap bencana atau gejala alam yang akan terjadi. Lalu, mereka paus akan mencari tempat untuk berlindung. Hal ini juga bisa menyebabkan mereka tersesat dan terdampar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait