alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wow! Patung Gajah Mada Setinggi 23 Meter Catat Rekor MURI

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Minggu, 11 April 2021 | 21:34 WIB

Wow! Patung Gajah Mada Setinggi 23 Meter Catat Rekor MURI
Catat rekor MURI patung Gajah Mada tertinggi di Indonesia ada di Mojokerto. [Foto:Beritajatim.com]

Patung Gajah Mada di Wisata Desa Bumi Mulya Jati (BMJ) Mojopahit, Kabupaten Mojokerto catat rekor MURI sebagai patung tertinggi di Indonesia, total tingginya 23 meter.

SuaraJatim.id - Patung Gajah Mada di Wisata Desa Bumi Mulya Jati (BMJ) Mojopahit, Kabupaten Mojokerto catat rekor MURI sebagai patung tertinggi di Indonesia, total tingginya 23 meter.

Senior Manajer Rekor Muri Dunia Indonesia, Sri Widarti menyerahkan piagam rekor MURI kepada pemilik BMJ Mojopahit, Mulyono, Minggu (11/4/2021). Momentum  itu juga disaksikan Bupati Mojokerto, Ikfina Fatmawati.

Senior Manajer Rekor Muri Dunia Indonesia, Sri Widarti mengatakan, penyerahan piagam rekor MURI itu lantaran pembuatan patung Gajah Mada menjadi patung tertinggi di Indonesia dengan tinggi 23 meter. Rinciannya, tinggi patung 18 meter, pondasi atau penopangnya setinggi 5 meter. Catatan rekor baru MURI itu sebagai rekor ke-9.901.

"Untuk kategori penilaian untuk tercatat di rekor MURI, ada empat kreteria PTUL. Paling, Terutama, Unik dan Langka. Untuk patung Gajah Mada ini, masuk dalam kategori paling atau terunik. Kabupaten Mojokerto bukan yang pertama ini saja mendapatkan rekor MURI," katanya, dikutip dari Beritajatim.com jaringan Suara.com, Minggu.

Baca Juga: Miris! Alasan Terlilit Utang, Suami Jual Istri untuk Layani Seks Threesome

Mojokerto, lanjut dia, menjadi daerah dengan catatan rekor yang beragam sepanjang sejarah MURI. Tercatat, rekor pagelaran wayang kulit secara daring terlama yakni selama tujuh malam yang diselenggarakan oleh pada 19-25 Agustus 2020. Kemudian, rekor MURI mencatat sajian onde-onde terbanyak 2.400 onde-onde dan pakaian nuansa pakaian warna orange terbanyak pada satu hari di Kota Mojokerto, 27 Juni 2016.

“Di Kabupaten Mojokerto, MURI mencatat rekor pelayanan alat kontrasepsi suntik dengan peserta terbanyak dan menulis puisi dengan peserta terbanyak. Ini merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan Museum Rekor Dunia Indonesia diundang hadir di sini,” sambungnya.

Patung Gajah Mata setinggi 23 meter tersebut dinilai sebagai karya maha karya luar biasa. MURI mengapresiasi maha karya Wisata Desa BMJ Majapahit yang luar biasa. Sehingga patung Gajah Mada tertinggi 23 meter resmi dicatat di Rekor Museum Dunia Indonesia sebagai rekor yang ke 9.901.

Sementara itu, pemilik BMJ Majapahit, Mulyono mengaku, pendirian patung Gajah Mada tersebut amanah dari rapat koordinasi (rakor) Forum Keraton Nusantara untuk mewujudkan persatuan.

“Pembangunan patung Gajah Masa ini selama 6 tahun,” katanya.

Baca Juga: Diduga Depresi, Siti Tabrakan Diri saat Kereta Api Melintas

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait