alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini Satu-satunya Rekaman Asli Sebelum dan Sesudah Kapal Titanic Tenggelam

Muhammad Taufiq Jum'at, 07 Mei 2021 | 14:11 WIB

Ini Satu-satunya Rekaman Asli Sebelum dan Sesudah Kapal Titanic Tenggelam
Sebuah kartu pos dari seorang pekerja kapal Titanic.[Dok.RR Auctions]

Lebih dari 100 tahun Kapal Titanic tenggelam di Samudera Atlantik, tepatnya tahun 1912. Titanuc tenggelam ini menjadi kecelakaan kapal paling terkenal sepanjang sejarah.

SuaraJatim.id - Lebih dari 100 tahun Kapal Titanic tenggelam di Samudera Atlantik, tepatnya tahun 1912. Titanuc tenggelam ini menjadi kecelakaan kapal paling terkenal sepanjang sejarah.

Sebanyak 1.500 orang menjadi korban dalam peristiwa tragis tengah malam tersebut. Masalahnya, sampai sekarang sangat sedikit sekali rekaman asli dari kapal ikonik itu, baik dalam bentuk dokumentasi pembuatan, perjalanan dan lainnya.

Beruntung, sebuah rekaman asli Titanic--sebelum dan sesudah tenggelam--dimiliki oleh British Pathé, produser film berita sepanjang abad ke-20. Rekaman tersebut kini juga telah diunggah ke YouTube.

Terkait rekaman Titanic ini, faktanya memang hanya ada satu set rekaman film asli yang diambil pada hari pelayaran Titanic serta rekaman kapal saat pergi dan rekaman ketika pencarian korban yang telah tenggelam.

Baca Juga: Ini Rekaman Asli Satu-satunya dari Titanic sebelum dan sesudah Tenggelam

Rekaman tersebut mencakup berbagai adegan Titanic sebelum dan sesudah tenggelam dan mendokumentasikan pencarian korban yang selamat maupun mati tenggelam.

Dilansir dari IFL Science, Jumat (7/5/2021), awal rekaman memperlihatkan kapal besar itu meninggalkan Belfast ke Southampton.

Sebelum rekaman berubah menjadi gunung es di sekitar lokasi bencana dan orang yang selamat menjelaskan bagaimana mereka menyelamatkan penumpang yang lain.

"Rekaman ini berisi satu-satunya cuplikan asli dari Titanic yang dipegang oleh British Pathé. Ada versi yang sedikit berbeda dari film yang dipegang oleh British Movietone dan National Film and Television Archive. Ada duplikasi bagian dari footage ini di tape PM3478," tulis British Pathé dalam keterangan pada saluran YouTube.

Rekaman langka ini adalah pemandangan sekilas apa yang terjadi dalam bencana lebih dari 100 tahun lalu dan satu-satunya pemandangan Titanic yang tersisa sebelum perjalanan terakhirnya.

Baca Juga: Titanic: Kisah 6 Penyintas Tionghoa yang Diselamatkan dari Kapal Tenggelam

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait