alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

9 Ribu Penyandang Disabilitas dan ODGJ Jadi Target Vaksinasi Covid-19 di Surabaya

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Jum'at, 04 Juni 2021 | 10:58 WIB

9 Ribu Penyandang Disabilitas dan ODGJ Jadi Target Vaksinasi Covid-19 di Surabaya
ilustrasi. - 9 Ribu Penyandang Disabilitas dan ODGJ Jadi Target Vaksinasi Covid-19 di Surabaya. - Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 Sinovac ke tenaga kesehatan di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Jumat (22/1/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya mengatakan, pada hari pertama vaksinasi tahap III, hampir seribu warga yang masuk kategori rentan tersebut telah disuntik vaksin Covid-19

SuaraJatim.id - Pemerintah Kota Surabaya terus memaksimalkan program vaksinasi Covid-19 di wilayahnya. Total ada 9.065 penyandang disabilitas dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) jadi target vaksinasi tahap III.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, pada hari pertama vaksinasi tahap III, hampir seribu warga yang masuk kategori rentan tersebut telah disuntik vaksin Covid-19.

"Bahkan, sehari kemarin saja, kami berhasil memberikan vaksin kepada 916 orang. Rinciannya, 481 orang penyandang disabilitas dan 435 orang lainnya ODGJ. Vaksinasi ini terus kami lanjutkan sampai hari ini," katanya dikutip dari jatimnet.com media jejaring suara.com, Jumat (4/6/2021).

Target vaksinasi, lanjut dia, untuk penyandang disabilitas ada sebanyak 5.394 orang. Sedangkan untuk ODGJ sebanyak 3.671 orang. Pihaknya berkomitmen mempercepat proses vaksinasi.

Baca Juga: Vaksinasi Untuk ODGJ dan Disabilitas di Cianjur Segera Dilaksanakan

"Terus kami kebut, karena masih banyak," sambungnya.

Ia menambahkn, para penyandang disabilitas mengikuti vaksinasi di puskesmas terdekat sesuai dengan wilayah tempat tinggal masing-masing. Sedangkan khusus untuk pasien ODGJ, petugas puskesmas mendatangi lokasi pasien di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) untuk memberikan vaksin.

"Jadi, datanya dari Dinas Sosial lalu kita lakukan vaksinasi. Tapi kami lebih khususkan kepada ODGJ yang usianya sudah di atas 18 tahun," jelasnya.

Dinkes Pemkot Surabaya juga meminta kerjasama dan dukungan kepada seluruh peserta vaksin tahap III ini.

Ia berharap mereka tidak menolak dan menunda pelaksanaan vaksinasi ini. Sebab, vaksin tersebut penting dilakukan agar masyarakat memiliki antibodi sehingga tidak mudah terpapar Covid-19.

Baca Juga: Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Terima Bansos di Subulussalam

“Mohon kerjasamanya kepada seluruh peserta vaksin tahap III. Tidak perlu cemas dan khawatir, semua ini kita lakukan agar kota kita terbebas dari pandemi Covid-19 dan warga sehat,” ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait