alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Blitar Batal Gegara Mobil Puskesmas Terguling

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 10 Juni 2021 | 20:41 WIB

Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Blitar Batal Gegara Mobil Puskesmas Terguling
Mobil puskesmas mengangkut vaksin Covid-19 terguling di Kabupaten Blitar, Kamis (10/6/2021).[Foto: Polres Blitar]

Mobil Puskesmas Bakung mengangkut vaksin Covid-19 terguling di Desa Tumpakoyot, Kabupaten Blitar, Kamis (10/6/2021). Mobil tersebut rencananya akan menggelar vaksinasi

SuaraJatim.id - Mobil Puskesmas Bakung mengangkut vaksin Covid-19 terguling di Desa Tumpakoyot, Kabupaten Blitar, Kamis (10/6/2021). Mobil tersebut rencananya akan menggelar vaksinasi bagi masyarakat desa setempat.

Kasubag Humas Polres Blitar AKP Imam Subechi menjelaskan, kecelakaan terjadi ketika mobil yang mengangkut 25 vial vaksin AstraZeneca tersebut berangkat dari Puskesmas Bakung sekira pukul 08.15 WIB. Mobil kemudian bergegas menuju Kantor Desa Tumpakoyot. Namun, ketika melintasi jalanan menurun, mobil hilang kendali lalu kecelakaan.

"Sampai di tanjakan perbatasan Desa Tumpakoyot terjadi kecelakaan tunggal di karenakan rem kurang pakem, sehingga mobil terguling," katanya, Kamis (10/6/2021).

Selain membawa vaksin, lanjut dia, mobil puskesmas itu ditumpangi dua orang tenaga kesehatan (nakes) yang duduk di bagian belakang. Keduanya menjaga dan memegangi vaksin selama perjalan lantaran di kawasan Kecamatan Bakung wilayah geografisnya berbukit.

Baca Juga: Keren! Ganjar Temukan Bidan Puskesmas Jadi Penggerak Vaksinasi di Banyumas

Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes), Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dr. Christine Indrawati ketika dikonfirmasi mengatakan kondisi nakes yang mengangkut vaksin mengalami luka ringan. Pasca kecelakaan, pihaknya telah meminta petugas untuk kembali ke Puskesmas Bakung.

Diketahui, mobil tersebut membawa 25 vial vaksin. Rencananya 25 vial vaksin itu akan disuntikkan kepada 250 warga Desa Tumpakoyot.

Meski mengalami kecelakaan, Christine menjamin vaksin yang diangkut tidak rusak.

"Petugas yang ada langsung kami minta untuk kembali dan beristirahat ya. Kalau vaksinnya tidak rusak karena di dalam wadah itu, vaksinnya tidak bisa bergerak. Kaya terkunci begitu," jelasnya.

Kontributor : Farian

Baca Juga: Waduh, Vaksin AstraZeneca Bisa Munculkan Bintik Keunguan di Kulit?

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait