alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masih Batuk Setelah Isoman Gegara Covid-19? Coba Atasi dengan Tips Ini

Muhammad Taufiq Kamis, 29 Juli 2021 | 12:52 WIB

Masih Batuk Setelah Isoman Gegara Covid-19? Coba Atasi dengan Tips Ini
Ilustrasi minuman Jahe. (Unsplash @jules_eatrunhike)

Batuk biasanya menyertai pasien Covid-19. Tenggorokan terasa gatal dan kering. Ini biasanya dirasakan orang yang sedang isolasi mandiri di rumah atau sedang dirawat di rumah s

SuaraJatim.id - Batuk biasanya menyertai pasien Covid-19. Tenggorokan terasa gatal dan kering. Ini biasanya dirasakan orang yang sedang isolasi mandiri di rumah atau sedang dirawat di rumah sakit.

Virus Corona secara medis memang bisa menimbulkan peradangan di tenggorokan, sehingga kulit menjadi lebih peka. Peradangan kerap membuat sel produksi cairan lendir belum bekerja secara normal.

Akibatnya, lendir sedikit dan kental dan ini agak mengaggu sistem pernapasan. Radang tersebut menjadi faktor utama batuk para penderita Covid-19.

Untuk mengatasi itu, ada sejumlah tips yang banyak dilakukan orang. Nah, berikut 4 tips alami meredakan batuk bagi penyintas Covid-19:

Baca Juga: Pulih dari Virus Corona Covid-19, Begini Cara Atasi Batuk Kering dan Berdahak!

1. Hirup uap minyak kayu putih

Penghirupan uap air hangat yang dibantu minyak kayu putih bisa mempercepat penyembuhan radang. Suhu yang hangat akan mengencerkan lendir yang kental.

2. Konsumsi Jahe Hangat

Jahe memiliki sifat anti inflamasi. Di dalam jahe, banyak kandungan zat yang efektif membatasi produksi zat pemicu peradangan, seperti sitokin dan enzim siklooksigenase. Mengonsumsi jahe hangat dipercaya dapat mengurangi risiko peradangan dan melegakan tenggorokan.

3. Berlatih olah nafas

Baca Juga: 7 Tips Agar Kamu Tetap Sehat saat Musim Pancaroba

Menjalankan latihan pernapasan secara fokus bisa memulihkan kembali napas pasien COVID-19. Di masa pemulihan, cara ini sangat dianjurkan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait