alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sebelum Murtad Lukman Sardi Umrah, Saat Tawaf Emosi Meledak Tak Bisa Sentuh Hajar Aswad

Muhammad Taufiq Kamis, 29 Juli 2021 | 18:30 WIB

Sebelum Murtad Lukman Sardi Umrah, Saat Tawaf Emosi Meledak Tak Bisa Sentuh Hajar Aswad
Lukman Sardi (Wahyu Tri Laksono/Suara.com)

Agama adalah urusan masing-masing. Dan sebenarnya ada banyak orang Islam yang memilih pindah agama alias murtad memeluk agama lain: nasrani, hindu atau budha.

SuaraJatim.id - Agama adalah urusan masing-masing. Dan sebenarnya ada banyak orang Islam yang memilih pindah agama alias murtad memeluk agama lain: nasrani, hindu atau budha.

Bahkan di kalangan para pesohor sekalipun. Banyak artis yang memilih murtad dari Islam, misalnya Sandy Aulia, Asmiranda, Manohara, terakhir Lukman Sardi. Di antara sejumlah pesohor itu, murtadnya Lukman Sardilah yang membetot perhatian publik.

Sebelumnya, pemeran KH Ahmad Dahlan dalam film 'Sang Pencerah' itu tidak banyak bercerita tentang alasan kepindahannya. Namun belakangan Ia bocor juga saat di Channel YouTube Alvin and Friends.

Di Channel itu, Ia mengatakan kalau keputusan pindah agama tersebut sempat membuatnya berbeda pendapat dengan sang ayah, almarhum violis Idris Sardi. Namun kemantapan hatinya menjadi penganut Kristen justru dipengaruhi oleh sang kakek.

Baca Juga: Lengkap! Kisah Lukman Sardi Mencari Tuhan

"Gue punya latar belakang agama Islam yang cukup kuat karena keluarga Islam. Tapi banyak yang nggak tahu kalau sepupu-sepupu Bapak gue juga banyak yang kristen. Sepupu Bapak gue yang tinggal di Jogja itu banyak sekali yang Kristen, termasuk keluarga ibu gue," kata Lukman Sardi kepada Alvin.

Pemain film Di Balik 98 ini kemudian tetap berangkat umrah. Tapi saat menjalani tawaf di ka'bah. Lukman Sardi kebawa emosi mengingat kesulitan menyentuh hajar aswad.

"Gue jalanin umrah sebagai umat Islam. Pas tawaf itu gue ngerasa bukan hal yang mudah untuk sampai di ujung. Semua emosi gue marah banget karena gue enggak nyampe-nyampe gue kata-katain semua orang," ujarnya.

Menurut lelaki 50 tahun ini, keputusannya pindah agama datang dari sang kakek. Kala itu kakeknya berpesan soal kekuatan kasih Tuhan dalam Alkitab. Lukman Sardi mengingat ucapan sang kakek untuk terus menyebar kasih. Di sini, dia merasa mendapat hidayah Tuhan.

"Sampai akhirnya gue diingetin tulisan opa gue tentang kasih itu. Akhirnya gue diem dulu, gue jalanin konsep dulu. Ada orang yang lewat gue kasih, tiba-tiba gue nggak sadar, gue sudah di ujung," ujar Lukman Sardi.

Baca Juga: Lukman Sardi Masuk Kristen Setelah Merasa Dapat Hidayah saat Umroh

"Gue nyium dan dikasih waktu ekstra terus gue nangis sejadi-jadinya. Itu kasih yang gue cari," lanjutnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait