alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ustaz Ahong Sentil Uki Eks Noah yang Sebut Musik Haram: Ini Sudah Over Dosis

Muhammad Taufiq Jum'at, 30 Juli 2021 | 13:25 WIB

Ustaz Ahong Sentil Uki Eks Noah yang Sebut Musik Haram: Ini Sudah Over Dosis
Ustaz Ahong (dok Youtube)

Pernyataan Uki eks Noah yang menyebutkan musik haram dan pintu masuk maksiat direspons oleh Ustaz Ahong atau dikenal Ustaz Ibnu Kharish.

SuaraJatim.id - Pernyataan Uki eks Noah yang menyebutkan musik haram dan pintu masuk maksiat direspons oleh Ustaz Ahong atau dikenal Ustaz Ibnu Kharish.

Dalam cuitannya di Media Sosial, Ustaz Ahong menghargai seorang musisi yang hijrah meninggalkan dunia musik. Namun dia berpesan jangan sampai over dosis lah.

Maksudnya, boleh saja musisi pandangan lain soal musik setelah berhijrah dan menemukan masa lalunya itu tidak sesuai dengan ajaran Islam yang ia yakini. Namun bijaknya, kata Ustaz Ahong, jangan sampai memandang miring semua musisi.

"Saya menghargai ketika ada seorang musisi hijrah dan meninggalkan musik. Tapi sebaiknya, musisi yang sudah hijrah ini tidak perlu menganggap hina dan rendah profesi lamanya," kata Ustaz Ahong dalam cuitannya, Jumat (30/07/2021).

Baca Juga: Sebut Musik Haram, Uki eks NOAH Ditantang Sumbangkan Harta Bantu Penanganan Covid-19

"Kalau menganggap musik itu sebuah kemaksiatan bagi dirinya sendiri, ini masih dimaklumi. Tapi kalau sampai menganggap maksiat musisi lain yang masih menikmati profesinya tersebut, ini sudah over dosis," tulisnya.

Menurut Ustaz Ahong, terkait hukum musik itu khilafiah alias ada ragam pandangan yang disampaikan ulama. Kemudian ada perbedaan di kalangan ulama fikih menyikapi musik.

Nah Ustaz Ahong mengingatkan kaidah fikih untuk menyikapi ramainya isu musik itu haram dan pintu masuk maksiat. Jadi ada kaidah fikih yang menyatakan yakni 'kita boleh ingkar sesuatu yang disepakati, tapi tak boleh ingkar pada masalah yang diperselisihkan'.

Sebelumnya, Uki eks NOAH bikin pernyataan yang membuat geger publik. Ia mengatakan, industri musik adalah pintu masuk berbagai kemaksiatan, maka itu ia pun memintanya untuk ditutup.

Uki, yang memiliki nama asli Mohammad Kautsar Hikmat juga mengatakan profesinya dahulu sebagai musisi tidak bisa dibanggakan di hadapan Allah. Ia juga sudah tidak ingin berurusan dengan dunia musik lagi.

Baca Juga: Uki eks NOAH Sebut Musik Pintu Maksiat, Guru Vokal: Musisi Religi Lewat Mana?

"Karena bagi saya, saya enggak bisa membanggakan ‘Ya Allah saya dulu menciptakan banyak fans, banyak lagu’. Di hadapan Allah pada akhirnya itu enggak bisa meningkatkan derajat saya," ujar Uki.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait