alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pendaki Gunung Semeru Berduka, Mak Yem Meninggal Dunia

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Minggu, 01 Agustus 2021 | 13:14 WIB

Pendaki Gunung Semeru Berduka, Mak Yem Meninggal Dunia
Ilustrasi pendaki Gunung Semeru, Jawa Timur. [istimewa]

Kabar duka menyelimuti para pendaki Gunung Semeru. Sosok orang tua mereka telah pergi meninggalkan dunia.

SuaraJatim.id - Kabar duka menyelimuti para pendaki Gunung Semeru. Sosok “orang tua” mereka telah pergi meninggalkan dunia.

Mak Yem, seorang perempuan yang sudah menjadi sosok ”ibu” bagi para pendaki Gunung Semeru dikabarkan telah meninggal dunia. Mak Yem menyusul sang suami, Toemari yang terlebih dahulu meninggal dunia pada 9 Januari lalu.

Toemari dan Mak Yem dikenal sebagai salah satu pasangan suami istri di Ranupani, Lumajang yang akrab dengan para pendaki.

Kabar duka tersebut salah satunya diunggah oleh akun instagram @infomalangraya.

Baca Juga: Bikin Takjub! Ini 5 Keindahan Gunung Merbabu Yang Diburu Para Pendaki

Mohon doanya. Para pendaki Gunung Semeru kehilangan kedua “Orang tua” mereka. Pak Toemari dan Mak Yem dikenal sebagai salah satu pasangan suami istri di Ranupani, Lumajang yang akrab dengan para pendaki,” tulis caption pada unggahan tersebut dikutip SuaraJatim.id, Minggu (1/8/2021).

Diketahui, mak yem menyusul kepergian pak Toemari pada tanggal 20 Juli 2021 lalu. Sebelumnya, pak Toemari meninggal di usia 93 tahun pada 9 Januari 2021 pukul 16.31 WIB.

Bagi para pendaki, kedua sosok ini sudah tidak asing lagi. Para pendaki biasa makan dan menginap di rumah pak Toemari. Bahkan, pak Toemari pun tak memungut biaya. Atas kebaikannya itu, ia dianggap legenda hidup Semeru. Serta dianggap sebagai orang tua sendiri bagi para pendaki.

Aktivis mahasiswa Soe Hok Gie pun diketahui sempat singgah di rumah Pak Toemari sebelum naik ke puncak. Soe Hok Gie merupakan aktivis mahasiswa dan tercatat sebagai anggota mahasiswa pecinta alam (Mapala) Universitas Indonesia yang meninggal di puncak Semeru karena keracunan.

Ungkapan kehilangan pun disampaikan oleh warganet.

Baca Juga: Misteri 7 Pendaki Gunung yang Meninggal Dunia dan Hilang Menyatu dengan Alam

Innalillahi wainailaihirojiun semoga husnul khotimah aamiin Aamiin Ya rabbal allamin,” ujar @demmy_yusuf.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait