alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lokal Keren Jatim Diharapkan Mampu Dorong UMKM di Jawa Timur untuk Bangkit

Fabiola Febrinastri Kamis, 05 Agustus 2021 | 11:15 WIB

Lokal Keren Jatim Diharapkan Mampu Dorong UMKM di Jawa Timur untuk Bangkit
Ilustrasi UMKM. (Dok: BRI)

Pameran virtual ini juga bertujuan untuk membuka peluang baru.

SuaraJatim.id - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menggelar pameran virtual industri kreatif UMKM, yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021. Kegiatan bertema “Lokal Keren Jatim” ini bertujuan untuk mendorong pengembangan UMKM di Provinsi Jawa Timur.

Untuk mengenalkan pameran ini ke masyarakat luas, diselenggarakan kegiatan virtual press conference “Bangga Buatan Indonesia - Lokal Keren Jatim”, yang dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto, Public Relations PT Wings Surya, Oucky Hertanto, President Direktur Jayaboard, Ahmad Hamdani.

Lokal Keren Jatim Road to BRILIANPRENEUR 2021 dilangsungkan selama sebulan penuh, yaitu pada 1 - 31 Agustus 2021, yang merupakan wujud nyata upaya BRI mendorong bangkitnya UMKM di Indonesia seiring dengan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI). Seperti diketahui, BBI dicanangkan tahun lalu oleh pemerintah dengan tujuan mendukung dan mempromosikan produk lokal Indonesia.

Pemerintah melalui Kementerian BUMN RI menunjuk BRI sebagai penyelenggara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur. Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting mengatakan harapannya agar masyarakat semakin mencintai, mengapresiasi, dan mengembangkan produk dalam negeri, khususnya produksi UMKM.

Baca Juga: Ingin Dapat BLT UMKM Rp 1,2 Juta? Penuhi 5 Syarat Ini

“Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dengan tema Lokal Keren Jatim bertujuan untuk membangun semangat dan aksi mencintai, mengapresiasi, menggunakan dan mengembangkan produk dalam negeri, khususnya sektor UMKM, di kalangan masyarakat umum,” ujar Loto.

Jawa Timur dipilih dan mendapat giliran untuk mewakili daerah lainnya, mengingat jumlah UMKM di provinsi ini besar. Hal itu berbanding lurus dengan jumlah populasi penduduk yang bisa menjadi pangsa pasar bagi produk UMKM.

Dalam pameran kali ini, sebanyak 251 UMKM terpilih mewakili Jawa Timur, yang terdiri dari beberapa bidang industri seperti fesyen, makanan dan minuman, kerajinan dan dekorasi rumah, hingga aksesoris dan kecantikan. UMKM yang terlibat merupakan binaan BRI, Bank Indonesia, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Dewan Kerajinan Nasional Provinsi Jawa Timur, One Pesantren One Product (OPOP) Provinsi Jawa Timur, Rumah BUMN, Wingsfood, dan Jayaboard.

Catur Budi Harto, Wakil Direktur Utama BRI mengatakan, acara yang dihelat ini juga menjadi stimulus bagi UMKM untuk mengoptimalkan pemanfaatan platform digital seperti PaDi UMKM, Shopee, Tokopedia dan BliBli. Pameran virtual ini juga bertujuan untuk membuka peluang baru bagi produk UMKM Jawa Timur di pasar nasional dan ekspor.

“Harapannya melalui kegiatan ini, pelaku UMKM kini mampu menjadikan bisnis mereka lebih modern (Go Modern), menerapkan digitalisasi (Go Digital), serta memperluas jejaring pasar daring (Go Online) yang pada ujungnya Tidak hanya mampu bersaing di pasar lokal, UMKM binaan juga berhasil menembus pasar dunia sebagai UMKM Ekspor (Go Global),” ujar Catur.

Baca Juga: Kemenperin PowerAce Digimodz 2021, Lomba Desain Kendaraan Listrik Roda Tiga bagi UMKM

“Sudah menjadi komitmen kami untuk mengembangkan bisnis para UMKM dengan segala sumber daya yang kami miliki. Kami berharap melalui kerja sama ini dapat membantu memperluas jangkauan bisnis para UMKM, tidak hanya ke seluruh pelosok Indonesia tetapi juga ke pasar internasional bersama Shopee,” ujar Daniel Minardi, Head of Brands Management and Digital Products Shopee Indonesia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait