alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Uji Coba New Normal, Makam Bung Karno di Blitar Mulai Ramai Pengunjung Lagi

Muhammad Taufiq Jum'at, 15 Oktober 2021 | 20:44 WIB

Uji Coba New Normal, Makam Bung Karno di Blitar Mulai Ramai Pengunjung Lagi
Makam Bung Karno. (Suara.com/Farian)

Makam Bung Karno kembali dipenuhi pengunjung di masa uji coba new normal PPKM Level 1.

SuaraJatim.id - Makam Bung Karno kembali dipenuhi pengunjung di masa uji coba new normal PPKM Level 1. Seperti dilaporkan Kabid Pengelola Kawasan Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar, Heru Santoso

Selama masa uji coba new normal ini rata-rata pengunjunya mencapai 500 orang. Seperti yang terlihat pada Senin (15/10/2021) ada enam bus peziarah yang sedang parkir di Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) Kota Blitar.

PIPP merupakan tempat parkir bagi bus pengunjung yang akan ziarah ke makam Bung Karno. Jumlah pengunjung ini meningkat dibanding masa PPKM sebelumnya yang rata-rata 400 orang.

"Sekarang rata-rata pengunjung 500 orang per hari. Pada awal pemberlakuan PPKM level 1, rata-rata masih 400 orang per hari," katanya, seperti dikutip dari timesindonesia.co.id, jejaring media suara.com, Jumat (15/10/2021).

Baca Juga: Septian David Maulana Moncer, PSIS Bantai Persik di Manahan

Heru menyebut, sebelum pandemi Covid-19, jumlah pengunjung di kawasan wisata Makam Bung Karno bisa mencapai 1.500 orang per hari. Oleh karena itu, jumlah pengunjung saat ini jauh dari jumlah normal sebelum pandemi.

"Karena terus meningkat, kami juga meningkatkan pengawasan penerapan protokol kesehatan," ujarnya.

Bentuk peningkatan pengawasan protokol kesehatan itu adalah Pengelola Makam Bung Karno sudah membentuk satuan pelaksana (Satlak) untuk pengawasan protokol kesehatan. Satlak tersebut bertugas memastikan pengunjung memakai masker dengan benar dan tidak berkerumun.

"Kami bentuk lima Satlak. Yaitu Satlak MBK, Satlak PIPP, Satlak City Walk, Satlak Pedagang Asongan, dan Satlak Istana Gebang," katanya menegaskan.

Pengelola juga menyediakan Barcode aplikasi PeduliLindungi di depan pintu masuk Makam Bung Karno. Bagi pengunjung yang tidak memiliki aplikasi boleh masuk hanya dengan menunjukkan kartu vaksinasi.

Baca Juga: Hasil BRI Liga 1: Hajar Persik Kediri, PSIS Semarang Pepet Bhayangkara FC

"Kita telah informasikan bahwa kalau mau masuk ke MBK harus pakai barcode pedulilindungi, namun kenyataan dilapangan banyak pengunjung sepuh yang tidak mempunyai smartphone," kata Heru.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait