alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ikrar Damai Perguruan Silat Lamongan Usai Bentrok Maut Korbannya Pendekar Pagar Nusa

Muhammad Taufiq Selasa, 26 Oktober 2021 | 18:49 WIB

Ikrar Damai Perguruan Silat Lamongan Usai Bentrok Maut Korbannya Pendekar Pagar Nusa
Bentrok pendekar Pagar Nusa di Lamongan [Foto: Beritajatim]

Setelah bentrok maut beberapa waktu lalu yang menyebabkan tiga pendekar Pagar Nusa (PN) luka-luka, kini perguruan silat di Lamongan menggelar ikrar damai.

SuaraJatim.id - Setelah bentrok maut beberapa waktu lalu yang menyebabkan tiga pendekar Pagar Nusa (PN) luka-luka, kini perguruan silat di Lamongan menggelar ikrar damai.

Ikrar damai ini dihadiri seluruh organisasi pencak silat se-Kabupaten Lamongan. Mereka menggelar ikrar bersama kepolisian, pemda dan TNI akan menjaga Lamongan tetap kondusif di tengah berbagai perbedaan.

Sebelumnya, tiga pendekar PN mengalami luka serius di kepala dan mukanya setelah bentrok maut dengan sekelompok orang diduga dari perguruan silat lainnya.

Situasi ini membuat gaduh kota soto. Bahkan pengurus NU setempat sampai turun tangan mendesak kepolisian agar mengusut tuntas kasus tersebut.

Baca Juga: Hasil Persela Lamongan vs Persik Kediri: Laskar Joko Tingkir Menang Tipis 1-0

Setelah peristiwa itu, pemkab kemudian mengumpulkan pengurus berbagai perguruan. Mereka menandatangani ikrar damai dipimpin oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Kapolres AKBP Miko Indrayana, Dandim 0812 Letkol Inf Sidik Wiyono, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Lamongan Deby Kurniawan, serta seluruh ketua organisasi silat se-Kabupaten Lamongan, serta unsur ormas, di Ruang rapat Airlangga Pemkab Lamongan, Senin (25/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati yang akrab disapa Bupati YES ini mengajak masyarakat Lamongan tak terkecuali seluruh organisasi silat untuk bersama-sama saling menjaga kondusifitas, sehingga bisa terwujud suasana yang aman dan nyaman.

"Silaturrahmi ini adalah ikhtiar kita bersama untuk mencari sebuah upaya, yakni bersama-sama Jogo Lamongan Kondusif," katanya seperti dikutip dari beritajatim.com, jejaring media suara.com, Selasa (26/10/2021).

"Lamongan yang selama ini sudah baik mari kita tingkatkan lagi," katanya menegaskan.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono meminta berbagai pihaknya agar terus melakukan berbagai upaya dalam menjaga Lamongan agar tetap kondusif.

Baca Juga: Tontong Sekarang!! Link Live Streaming Persela Lamongan Vs Persik Kediri, Baru Dimulai

"Kami akan terus fokus mencegah adanya konflik. Mencegah melalui berbagai rencana aksi, seperti fokus mencegah adanya konvoi. Adanya konvoi ini biasanya saat pengesahan warga baru, disadari atau tidak konvoi ini adalah pemicu terjadinya bentrok yang tidak diinginkan," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait