alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sosok Vanessa Angel Suka Sedekah, Ini Manfaat Sedekah dalam Islam, Insya Allah Mulia

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 05 November 2021 | 17:59 WIB

Sosok Vanessa Angel Suka Sedekah, Ini Manfaat Sedekah dalam Islam, Insya Allah Mulia
Potret kenangan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah [Instagram/bibliss/vanessaangelofficial]

Apa manfaat sedekah dalam Islam? Yang pansti orang yang suka sedekah sangat mulia.

SuaraJatim.id - Vanessa Angel digambarkan sebagai sosok yang suka sedekah. Vanessa Angel meninggal dunia kecelakaan di Tol Jombang-Mojokerto. Apa manfaat sedekah dalam Islam? Yang pansti orang yang suka sedekah sangat mulia.

Vanessa Angel suka sedekah dari kesaksian musisi Erix Soekamti.Erix menyebut bahwa Vanessa Angel merupakan sahabat baik istrinya yakni Shara Sulthana.

Ia menyebut terlepas dari kontroversi yang sempat membayangi ternyata Vanessa Angel merupakan sosok yang punya kepedulian tinggi terhadap sesama. Ia dan suami kerap bersedekah untuk anak-anak di panti asuhan.

"Berikut cara @vanessaangelofficial dan @bibliss bersedekah: 1 Transfer sejumlah uang untuk #nglarisiKoncoDewe Belanjakan semuanya borong produk usaha2 temen2 Kita. kadang jumlahnya bisa sampe ngrepotin. 2 Setelah dibelanjakan kembali mereka ngrepotin kita untuk langsung membagikan semua yang kita belanjakan ke panti asuhan," jelas Erix mengenang kebaikan pasangan suami istri tersebut.

Baca Juga: 5 Karakter FTV yang Diperankan Vanessa Angel, Selalu Dikenang

Oleh karena itu umat muslim selalu diajarkan untuk selalu menjadi pribadi dermawan yang bersedekah terhadap orang yang membutuhkan. Berikut ini adalah 7 manfaat sedekah yang perlu diketahui.

1. Sedekah menjadi pembuka pintu rezeki

Bagi seorang muslim yang rajin untuk bersedekah kepada sesama akan dibukakan pintu rezekinya. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadist yang berbunyi: “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi)

2. Menyembuhkan penyakit yang ada pada diri

Manfaat sedekah selanjutnya adalah dapat menyembuhkan penyakit dalam diri. Bersedekah merupakan tindakan positif yang dapat mendatangkan hikmah dan meningkatkan imun sehingga tubuh lebih kuat sehingga terhindar dari penyakit.

Baca Juga: Polisi: Mobil Vanessa Angel Melaju Tinggi, Tak Ditemukan Tanda Pengereman

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana”. (HR. Ath-Thabrani).

3. Terhindar dari penyakit hati

Penyakit hati yang dimaksud adalah perasaan iri dan dengki terhadap orang lain. Dengan bersedekah, umat muslim akan dijauhkan dari perasaan tersebut dan membuat diri akan selalu positif.

Rasulullah SAW juga pernah bersabda, bahwa "sedekah dari seorang Muslim meningkatkan (hartanya) di masa kehidupannya meringankan kepedihan saat mautnya, dan Allah hilangkan perasaan sombong dan egois dari dirinya". (Fiqhus- Sunnah vol. 3, hal 97).

4. Terhindar dari marabahaya

Allah SWT akan selalu melindungi hamba-Nya dari segala musibah yang dapat menimpa kapan dan dimana saja.

“Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah”. (HR. Baihaqi)

5. Amalan yang tidak terputus meski telah meninggal dunia

Dengan bersedekah, umat muslim akan mendapatkan amalan yang tidak terputus meski dirinya telah meninggal dunia. Artinya seseorang akan terus mendapatkan pahala yang dapat menolongnya dari api neraka.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

6. Menghapus dosa

Bersedekah dapat menghapus dosa yang telah diperbuat sebelumnya. Hal ini mengacu pada hadist Rasulullah SAW yang berbunyi “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api". (HR Tirmidzi, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

7. Didoakan oleh malaikat

Bagi siapa saja yang bersedekah untuk kebaikan akan mendapatkan doa oleh malaikat. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada hari yang disambut oleh para hamba melainkan di sana ada dua malaikat yang turun salah satunya berkata ‘ya Allah, berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfaq’ sedangkan (malaikat) yang lainnya berkata ’ya Allah, berikanlah kehancuran kepada orang-orang yang menahan (hartanya)”. (HR Bukhari-Muslim).

Demikian manfaat sedekah dalam Islam.

Kontributor : Cahya Hanifah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait