facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

3 Manfaat Surah Maryam Untuk Ibu Hamil dan Bacaan Lengkapnya

Pebriansyah Ariefana Kamis, 11 November 2021 | 09:47 WIB

3 Manfaat Surah Maryam Untuk Ibu Hamil dan Bacaan Lengkapnya
Ilustrasi Perut Buncit Ibu Hamil. (Pixabay//Free-Photos)

Perlu diketahui, dengan membaca surah Maryam saat hamil memiliki banyak keutamaan dan manfaat.

SuaraJatim.id - Surah Maryam untuk ibu hamil, dianjurkan untuk dibaca. Perlu diketahui, dengan membaca surah Maryam saat hamil memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Berikut keutamaan Surah Maryam dan manfaat Surah Maryam.

Surah ke-19 dalam Al Quran ini terdiri dari 98 ayat dan termasuk ke dalam golongan surat makkiyah.

Surah Maryam berisi tentang perjuangan Maryam binti Imran saat melahirkan Isa Alaihisalam. Di Indonesia, surah Maryam kerap dibaca ibu hamil.

Ada banyak yang mempercayai bahwa salah satu manfaat surah Maryam untuk ibu hamil dapat mempercantik paras bayi yang sedang dikandung jika sedang hamil anak perempuan. Ada juga keutamaan lain yang menjadi kepercayaan secara turun temurun.

Baca Juga: BACAAN Latin Surah Abasa, Kisah Rasulullah dan Kaum Quraisy

Apa saja sebenarnya manfaat surah Maryam untuk ibu hamil? Berikut ulasannya:

1. Berikan Ketenangan

Dengan memahami kisah antara Maryam yang harus menghadapi kehamilan seorang diri dengan izin Allah, maka akan membangun rasa percaya saat menghadapi saat-saat kehamilan yang tidak selalu berjalan lancer. Rasa percaya diri itulah yang akan mengatasi masa kehamilan.

2. Dimudahkan Saat Persalinan.

Dalam surat Maryam diberitahu bahwa sebelum pertolongan Allah didapatkan oleh Maryam, dirinya sempat putus asa karena rasa sakit selama persalinan. Dalam surat Maryam ayat 23-25 yang bunyinya;

Baca Juga: 4 Tugas Malaikat Mikail Selain Memberikan Rezeki

Fa ajaa’ahal makhaadu ilaa jiz’in-nakhlah, qaalat ya latanii mittu qabla haazaa wa kuntu nas-yammansiyyaa. Artinya, “maka rasa saki akan melahirkan anak paksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata : “Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan.”

Fa naadaahaa min tahtihaa allaa tahzanii qad ja’ala rabbuki tahtaki sariyyaa. Artinya, “maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah :”Janganlah kamu hari, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai dibawahmu.”

Wa huzzi ilaiki bijiz’in-nakhlati tusaaqi ‘alaiki rutaban janiyyaa. Artinya,” dan goyanglah pangkal pohon itu ke arahmu, pastiilah pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak.”

Selain, manfaat membaca surah Maryam untuk ibu hamil adalah bisa diijabah doa-doanya untuk melahirkan lebih mudah.

3. Anak yang dilahirkan Menjadi Anak Berbakti

Dalam Surat Maryam ayat 14 terdapat suatu doa bagi ibu hamil kelak anak yang dilahirkan dapat menjadi anak yang berbakti kepada orangtuanya.

Wa barram biwaalidaihi wa lam yakun jabbaaran ‘asiyyaa. Artinya,” Dan seorang yang berbakti kepada orang tuanya, dan ia dilahirkan kepada orang yang sombong lagi durhaka.”

Itulah tadi ulasan singkat terkait surah Maryam untuk ibu hamil.

Kontributor : Raditya Hermansyah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait