facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

BACAAN Surah An Naba, Khasiat Mendatangkan Rezeki dan Kemenangan

Pebriansyah Ariefana Senin, 15 November 2021 | 16:36 WIB

BACAAN Surah An Naba, Khasiat Mendatangkan Rezeki dan Kemenangan
Surah An Naba

Surah An Naba berisi pengingkaran orang-orang musyrik terhadap adanya hari kebangkitan dan ancaman Allah terhadap sikap mereka itu.

SuaraJatim.id - Surah An Naba adalah surah ke-78 dalam Al Quran. Surah ini tergolong Surah Makkiyah, terdiri atas 40 ayat. Surah An Naba berisi pengingkaran orang-orang musyrik terhadap adanya hari kebangkitan dan ancaman Allah terhadap sikap mereka itu.

Selain itu, kekuasaan-kekuasaan Allah yang terlihat dalam alam sebagai bukti adanya hari berbangkit, peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari berbangkit, azab yang diterima orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah serta kebahagiaan yang diterima orang-orang mukmin di hari kiamat, dan penyesalan orang kafir di hari kiamat.

Dinamakan An Naba yang berarti berita besar di ambil dari kata An Naba yang terdapat pada ayat 2 surah ini. Selain itu, surah ini dinamai juga Amma yatasaa aluun diambil dari perkataan Amma yatasaa aluun yang terdapat pada ayat 1 surah ini.

Ilustrasi berdoa (pixbay)
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Keutamaan dan Manfaat Surah An Naba

Baca Juga: Bacaan Latin dan Arti Surat Al Maidah Ayat 3, Lengkap dengan Tafsirnya

  • Surah An Naba adalah termasuk dalam bagian Al Mufashshal yang berikan kepada Nabi Muhammad Saw. Ini sebagai tambahan, sehingga beliau diberi keistimewaan dibanding dengan nabi-nabi pendahulunya.
  • Surah An Naba dapat dijadikan wasilah agar dapat berkunjung ke Baitullah (pergi haji). Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca ‘amma yatas alun (Surat An-Naba'), maka tidaklah berakhir satu tahun – apabila ia membacanya secara istiqamah setiap hari – hingga ia dapat berkunjung ke Baitullah yang mulia, Insya Allah.” (Tsawabul A’mal: 150)
  • Allah akan menghisab pembacanya dengan mudah, terhindar dari kutu, serta mendapatkan kekuatan dan kelebihan yang besar. Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membacanya (Surat An-Naba') dan menghafalnya, maka hisabnya di hari kiamat hanya sekitar salat satu (rakaat). Dan barangsiapa yang menulisnya dan mengalungkannya, maka kutu tidak dapat mendekatinya, ia juga memperoleh kekuatan dan kehebatan yang besar.” (Tsawabul A’mal, Juz 8: 193)

Berikut Surah An Naba ayat 1-10 bacaan serta terjemahannya

1. Amma yatas`aln
Artinya, Tentang apakah mereka saling bertanya-tanya?

2. 'Anin-naba`il-'am
Artinya, Tentang berita yang besar (hari kebangkitan),

3. Alla hum fhi mukhtalifn
Artinya, yang dalam hal itu mereka berselisih.

4. Kall saya'lamn
Artinya, Tidak! Kelak mereka akan mengetahui,

Baca Juga: BACAAN Surah Yasin Full Tulisan Latin dan Artinya

5. Summa kall saya'lamn
Artinya, sekali lagi tidak! Kelak mereka akan mengetahui.

6. A lam naj'alil-ara mihd
Artinya, Bukankah Kami telah menjadikan bumi sebagai hamparan,

7. Wal-jibla autd
Artinya, dan gunung-gunung sebagai pasak?

8. Wa khalaqnkum azwj
Artinya, Dan Kami menciptakan kamu berpasang-pasangan,

9. Wa ja'aln naumakum subt
Artinya, dan Kami menjadikan tidurmu untuk istirahat,

10. Wa ja'alnal-laila libs
Artinya, dan Kami menjadikan malam sebagai pakaian

Ilustrasi berdoa (pixbay)
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Fadilah Surah An Naba

1. Rezeki yang berkah

Jika kita membiasakan diri membaca Surah An Naba setiap hari, maka Allah akan melindungi rezeki yang kita terima. Harta kekayaan menjadi berkah, dan dijauhkan dari hal-hal yang membahayakan, seperti kebakaran, pencurian, dan perampokan.

2. Dihilangkan baginya kesusahan dan kesedihan

Barang siapa yang membiasakan diri membaca Surah An Naba setiap sebelum tidur, maka akan dihilangkan kesusahan dan kesedihannya dan diganti dengan kebahagiaan (Dari tafsirul ahlam, Ibnu Sirrin)

3. Terhindar dari perbuatan syirik

Bagi siapa saja yang membiasakan membaca surat An Naba setiap hari, maka Insya Allah, dia akan terhindar dari perbuatan syirik.

4. Mendapatkan kemenangan dalam perdebatan

Jika Anda hendak berdebat untuk membela kebenaran, maka sebelum berdebat, bacalah Surah An Naba, maka Insya Allah akan memperoleh kemenangan.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surah An Naba. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.

Kontributor : Titi Sabanada

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait