Surah Al Zalzalah, Khasiat Luar Biasa Jika Rutin Membaca, Ada Janji Surga

Surah Al Zalzalah diturunkan setelah Surah An Nisa.

Pebriansyah Ariefana
Selasa, 16 November 2021 | 09:48 WIB
Surah Al Zalzalah, Khasiat Luar Biasa Jika Rutin Membaca, Ada Janji Surga
Surah Al Zalzalah

SuaraJatim.id - Surah Al Zalzalah adalah surat ke-99 dalam Al Quran. Surah ini terdiri atas 8 ayat dan tergolong pada Surah Madaniyah. Surah ini diturunkan setelah Surah An Nisa. Nama Al Zalzalah diambil dari kata Zilzaal yang berarti goncangan dan terdapat pada ayat pertama surah ini.

Imam Qurthubi menyampaikan ada 3 surah dalam Al Quran yang membacanya beberapa kali sama dengan membaca seluruh Al Quran yang diberikan kepada 3 surah, yakni Al Zalzalah, Al Kafirun, dan Al Ikhlas.

Imam Tirmidzi meriwayatkan dari Anas bin Malik, ia berkata bahwa, Nabi Saw bersabda : Barang siapa membaca surat Idza Zulzilat, maka baginya sama dengan setengah Al Quran, barang siapa membaca Qul ya ayyuhal kafirun, maka baginya sama dengan seperempat Al Quran dan barang siapa membaca Qul Huawallahu Ahad maka baginya sama dengan sepertiga Al Quran.

Dari Abdullah bin Amr bin Ash bahwa seorang lelalki datang kepada Rasulullah Saw, lalu berkata: Bacakanlah untukku wahai Rasulullah : Lalu Rasulullah Saw bersabda:

Baca Juga:Ikhfa Syafawi: Pengertian dan Hukum Bacaan dalam Membaca Alquran

Bacalah tiga surat yang mempunyai Alif Lam Ra, Laki-laki itu berkata: Usiaku sudah lanjut dan lidahku pun telah berat. Rasulullah Saw bersabda lagi: Bacalah surat yang mempunyai Sabbaha. Laki-laki itupun mengucapkan demikian. Namun wahai Rasulullah, bacakanlah untukku surat yang sudah menghimpun semuanya, lalu aku membacanya, Rasulullah Saw bersabda: Apabila bumi telah diguncangkan dengan goncangannya yang dahsyat…sampai akhirnya: Barang siapa membaca kebaikan sebesar biji sawi, niscaya ia melihatnya. Dan barang siapa beramal keburukan sebesar biji sawi, niscaya ia melihatnya (Surah Al Zalzalah).

Ilustrasi berdoa (pixbay)
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Lalu orang itu berkata : Demi dzat yang mengutusmu, dengan membewa kebenaran sebagai Nabi, aku tak perduli, aku tidak menambahnya sampai aku bertemu dengan Allah Azza wa jalla…dan disebutkan kelanjutan hadisnya, didalamnya disebutkan Rasulullah Saw bersabda: Laki-laki ini telah beruntung.

Bacaan Surah Al Zalzalah dan Terjemahannya

1. i zulzilatil-aru zilzlah
Artinya, Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat,

2. wa akhrajatil-aru aqlah
Artinya, dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya

Baca Juga:Masya Allah Khasiat Baca Surah Al Fil Setelah Sholat Subuh dan Rutin Diamalkan

3. wa qlal-insnu m lah
Artinya, Dan manusia bertanya, “Apa yang terjadi pada bumi ini?”

4. yauma`iin tuaddiu akhbrah
Artinya, Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya,

5. bi`anna rabbaka au lah
Artinya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) padanya.

6. yauma`iiy yadurun-nsu asyttal liyurau a'mlahum
Artinya, Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok-kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya.

7. fa may ya'mal miqla arratin khairay yarah
Artinya, Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

8. wa may ya'mal miqla arratin syarray yarah
Artinya, dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

Keutaman Surah Al Zalzalah

Khasiat Surah Al Zalzalah dan keutamaan Surah Al Zalzalah

1. Surat Al Zalzalah adalah surat yang sepadan dengan setengah Al Quran

Ibnu Abbas berkata bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Surat Al-Zalzalah itu sepadan dengan setengah Al Quran, wal ‘adhiyat itu sepadan setengah Al Quran, Surat Al-Ikhlas itu sepadan sepertiga Al-Qur’an, dan Surat Al-Kafirun sepadan dengan seperempat Al-Qur’an.”

2. Surah yang mencakup segala kebaikan

Abdullah bin Amru meriwayatkan bahwa seorang lelaki pernah menemui Rasulullah lalu bertanya, “Bacakan untukku wahai Rasulullah.”

Maka Rasulullah Saw. bersabda, “Bacalah tiga surat yang berawal dari alif lam ra.”

Kemudian ia membalas, “Umurku sudah tua, hatiku keras dan bicaraku kasar.

Rasulullah bersabda, “Bacalah tiga surah yang berawalan ha mim.”

Maka laki-laki itu menjawab dengan jawaban yang serupa.

Rasulullah kemudian bersabda, “Bacalah tiga Surah Musabbihat (surah yang berawalan sabbaha dan yusabbihu).” Maka lelaki itu menjawab dengan jawaban yang serupa dengan jawaban (yang pertama). Lalu berkata lagi, “Akan tetapi, bacakan untukku Surat Al-Jum’ah ya Rasulullah.”

Maka Rasulullah Saw. pun membacakannya (Surah Al Zalzalah), hingga selesai membaca itu, lelaki itu berkata, “Demi Zat yang telah mengutusmu dengan hak, aku tidak akan menambah atasnya.”

Kemudian lelaki itu pulang, lalu Rasulullah bersabda, “Beruntunglah lelaki itu, beruntunglah lelaki itu, begitu pula aku.” (HR. Ahmad, II: 169, dan Abu Dawud, I: 221)

3. Menempati surga selama yang diinginkan

Dari Abi Abdullah telah berkata, “Janganlah kalian bosan membaca Surah Al Zalzalah, karena sesungguhnya barangsiapa yang membacanya di dalam salat sunahnya, maka Allah tidak akan menimpakan bencana (gempa bumi) selamanya dan ia tidak akan mati karenanya. Tidak juga ia terkena petir dan beberapa malapetaka di dunia lainnya. Lalu ketika ia meninggal, maka diperintahkan menuju surga. Lalu Allah berfirman, ‘Wahai hamba-Ku, Aku memasukkanmu ke dalam surga-Ku, maka tinggallah di dalamnya selama kamu inginkan, tidak dilarang dan tidak pula ditolak.’” (Tsawabul A’mal: 112)

4. Wasilah doa untuk menyingkap kesalahan yang tersembunyi

Nabi Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surah Al Zalzalah), maka ia akan diberi pahala seperti orang yang membaca seperempat Al Quran, dan barangsiapa yang menulisnya atas roti yang lembut, dan dimakankan kepada pencuri, maka ia tersedak (sesak) karenanya dan (dimakankan) kepada seorang yang berbuat kesalahan, maka akan terbuka kesalahannya.”

5. Memeroleh pahala membaca seluruh Al Quran

Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca Surah Al Zalzalah sebanyak empat kali, maka ia seperti orang yang membaca Al Quran seluruhnya.” (‘Uyunul Akhbar, Juz 2: 37

Demikianlah pembahasan singkat mengenai bacaan, keutamaan, dan khasiat dari Surah Al Zalzalah. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.

Kontributor : Titi Sabanada

News

Terkini

Isu penculikan anak dalam beberapa hari terakhir meneror para orangtua di sejumlah daerah di Jawa Timur ( Jatim ). Informasi beredar melalui grup-grup WhatsApp dan media sosia

News | 09:45 WIB

Beredar video yang memperlihatkan seorang pemuda mengendarai motor dengan gaya tak biasa. Pemuda itu mengendarai motor sambil tiduran di jok.

News | 09:11 WIB

Sejak usia 4 bulan, balita bernama Assyifa Aulia Susanti berjuang tanpa anus. Orang tua balita 3 tahun itu pun tak bisa berbuat apa-apa karena ekonomi terbilang lemah.

News | 09:06 WIB

Polisi mengamankan 107 orang usai kericuhan yang terjadi pada saat aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh pendukung Arema FC

News | 07:28 WIB

Kericuhan yang terjadi saat aksi unjuk rasa Aremania di depan Kantor Arema FC menjadi perhatian publik. Aksi tersebut ternyata mengakibatkan korban luka-luka.

News | 17:30 WIB

Pelatih Persebaya, Aji Santoso berpesan kepada Bonek, suporter Bajul Ijo agar bisa menjaga ketertiban tanpa kerusuhan saat tim kesayangannya dijamu Madura United

News | 15:37 WIB

TPPO masih banyak terjadi, modusnya menjadi pekerja migran Indonesia (PMI). Sementara di negara tujuan, korbannya dijanjikan untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART)

News | 22:36 WIB

Apa yang dilakukan Sulaiman ini bisa dibilang nekat betul. Pria 31 tahun asal Kampung Barat Tambak Kelurahan Pejagan Kabupaten Bangkalan, itu menguras barang-barang kantor BMT

News | 09:53 WIB

Nama Samanhudi Anwar keluar belakangan. Mantan Wali Kota Blitar 2 periode ini disangkutpautkan dalam kasus perampokan tersebut setelah sekian lama tenggelam.

News | 08:33 WIB

Seorang pengamen di Kediri, Jawa Timur kedapatan mengendarai motor saat mengamen di sebuah toko pakaian. Hal ini sontak membuat heran warganet.

News | 08:07 WIB

Mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar diduga ikut membantu merancang aksi pencurian dengan kekerasan atau perampokan Rumah Dinas Wali Kota Santoso pada 12 Desember 2023 lalu

News | 08:00 WIB

Setelah hampir dua bulan kasus perampokan disertai penyekapan rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso akhirnya terungkap. Salah satu tersangka ternyata eks Wali Kota Balitar.

News | 21:04 WIB

Para Nahdliyin, sebutan untuk warga Nahdlatul Ulama (NU), saat ini merayakan usia seabad organisasi Islam terbesar di Indonesia itu. Acara puncaknya bakal digelar di Sidoarjo.

News | 12:31 WIB

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menanggapi santai kode-kode dorongan dirinya maju sebagai calon gubernur Jawa Timur ( Jatim ) yang ramai sejak kemarin.

News | 11:31 WIB

Seorang bocah laki-laki berhasil menggagalkan aksi pencurian sepeda motor (curanmor) di sebuah minimarket di Sidoarjo, Jawa Timur. Aksi percobaan pencurian itu terekam CCTV.

News | 10:34 WIB
Tampilkan lebih banyak