alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kandungan Surah Al Bayyinah, Lengkap dengan Bacaan Latinnya

Dinar Surya Oktarini Senin, 22 November 2021 | 14:00 WIB

Kandungan Surah Al Bayyinah, Lengkap dengan Bacaan Latinnya
Ilustrasi wanita muslim hijab membaca alquran (elemen envato)

Surah Al Bayyinah diturunkan sesudah surah At Talaq dan sebelum surat al-Hasyr.

SuaraJatim.id - Surah Al Bayyinah adalah surat ke-98 dalam Al Quran. Terdiri dari 8 ayat dan  merupakan surat Madaniyah karena turun di Madinah. Dinamakan surat Al Bayyinah yang berarti bukti nyata, terambil dari ayat pertama. 

Surah Al Bayyinah diturunkan sesudah surah At Talaq dan sebelum surat al-Hasyr. Dalam surah Al Bayyinah terdapat pernyataan ahli kitab dan orang-orang musyrik bahwa mereka akan tetap dalam agama mereka masing-masing sampai datang nabi yang telah dijanjikan Allah SWT.

Namun pada kenyataanya setelah Nabi Muhammad datang, mereka terpecah belah. Ada yang beriman, ada yang tidak. Padahal sifat-sifat nabi sudah sesuai dengan sifat-sifat yang mereka kenal di dalam kitab-kitab mereka dan membawa yang benar yaitu ikhlas dalam beribadah, mendirikan sholat, dan menunaikan zakat.

Ilustrasi Alquran. (Shutterstock)
Ilustrasi Alquran. (Shutterstock)

Berikut ini kandungan surah Al Bayyinah:

Baca Juga: Isi Kandungan Surah Al-Araf Lengkap dengan Bacaan Latinnya

1. Orang-orang kafir terdiri dari ahli kitab dan orang musyrik. Ahli kitab adalah Yahudi dan Nasrani, sedangkan orang musyrik adalah penganut paganisme dan penyembah berhala.

2. Ahli kitab berselisih bukan karena mereka tidak tahu. Mereka berselisih justru setelah datangnya pengetahuan dan keterangan yang jelas kepada mereka.

3. Pengutusan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam merupakan kebutuhan mendesak untuk meluruskan persepsi orang kafir dan mengubah perselisihan mereka.

4. Rasulullah adalah al bayyinah. Al Qur’an yang diturunkan kepada beliau juga merupakan al bayyinah.

5. Orang-orang kafir menutupi kebenaran dengan mengatakan tidak akan meninggalkan agama mereka sebelum datang bukti nyata (al bayyinah). Namun setelah datang bukti nyata, mereka berselisih. Banyak dari mereka yang tidak mau beriman.

Baca Juga: Makna Surah Ar-Rum Ayat 21: Membangun Keluarga yang Sakinah Mawadah dan Warohmah

6. Sesungguhnya agama-agama dari Allah itu pada hakikatnya adalah satu. Intinya adalah tauhid, memurnikan ibadah dan ketaatan hanya kepada-Nya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait