alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sifat-sifat yang Dimiliki oleh Usman bin Affan

Pebriansyah Ariefana Minggu, 28 November 2021 | 20:05 WIB

Sifat-sifat yang Dimiliki oleh Usman bin Affan
Ilustrasi Usman bin Affan (Youtube Jejak Petunjuk)

Usman bin Affan adalah salah satu sahabat nabi yang menjadi khalifah ketiga setelah Umar bin Khattab.

SuaraJatim.id - Meneladani sifat-sifat yang dimiliki oleh Usman bin Affan. Usman bin Affan adalah salah satu sahabat nabi yang menjadi khalifah ketiga setelah Umar bin Khattab.

Usman merupakan khalifah terlama dari Bani Umayyah dengan masa jabatan 12 tahun. Ia menjabat pada tahun 644 hingga 656 M atau 12 Dzulhijjah 35 H. Utsman bin Affan diangkat menjadi khalifah pada usia 70 tahun.

Selain itu, Usman bin Affan memiliki kisah inspiratif yang patut untuk diteladani. Karena sifatnya itulah malaikat sampai takjub melihat Usman yang begitu cerdas dan taat.

1. Suka Membantu/Dermawan

Baca Juga: Silaturahmi, Main dan Ngopi ke Rumah Kawan atau Kerabat Bisa Gampangkan Rezeki Lho

Usman bin Affan sangat terkenal dengan sifatnya yang suka membantu rakyat kecil. Ia pernah menyumbangkan hartanya sebesar 20.000 dirham. Sumbangan itu penggalian mata air umat di Madinah.

Utsman senang menggunakan hartanya untuk sedekah, zakat, atau wakaf. Bahkan dia pernah mewakafkan sebidang tanah kepada Rasulullah untuk keperluan pembangunan Masjid Nabawi.

2. Kesederhanaan

Meskipun hidupnya bergelimang harta ia tak segan untuk hidup sederhana. Ia pergunakan hartanya untuk keperluan yang bermanfaat baik di dunia maupun di akhirat. Tak sekalipun ia pergunakan uangnya untuk berfoya-foya.

Diriwayatkan oleh Syuhrabil bin Muslimin, bahwa, "Biasanya Utsman memberi makan mewah seperti yang biasa dihidangkan oleh kaum penguasa, tetapi di rumahnya ia biasa memakan roti dengan cuka atau dengan minyak."

Baca Juga: Sistem Khalifah Pernah Bangkrut dan Korupsi, Gus Nadir Beberkan Sejarah Abbasiyah

3. Disegani Rasulullah dan Malaikat

Utsman adalah sosok yang selalu memprioritaskan urusan orang lain, baru kemudian urusan pribadi. Sosoknya yang pemalu membuatnya disegani oleh nabi Muhammad dan malaikat.

Radulullah saw pernah berkata bahwa “Utsman merupakan seseorang yang pemalu. Bila dia masuk, sedangkan aku masih berbaring, pasti dia malu untuk masuk dan akan cepat-cepat pulang, padahal belum dia menyelesaikan keperluannya. Wahai, Aisyah, tidakkah aku patut malu kepada seseorang yang dimalui (disegani) oleh para malaikat?” ujar Rasulullah.

4. Berjiwa Sosial Tinggi

Utsman adalah sosok yang tidak akan meninggalkan Sahabat sendirian saat kesulitan. Ia selalu membantu orang yang kesulitan, bahkan ia akan merasa resah jika tidak dapat membantu.

Kebaikan usman bisa dilihat saat umat Islam di Madinah dilanda krisis ekonomi, sehingga sulit menghadapi Perang Tabuk karena minim armada. Usman pun menyumbang 300 ekor unta dan 1000 dinar dari kantong pribadinya untuk Perang Tabuk.

Rasulullah SAW yang menerima bantuan tersenyum seraya mendoakan Utsman agar dosa-dosanya, baik yang dirahasiakan maupun dosa yang ia nyatakan diampuni oleh Allah.

5. Keteguhan Akidah dan Penghafal Al Quran

Sifat-sifat yang dimiliki oleh Usman bin Affan selanjutnya yaitu keteguhan akidah dan penghafal Al-Qur"an. Dahulu saat pamanya yakni Al-Hakam bin Abil Ash mengetahui bahwa usman telah memeluk agama islam, ia sangat marah.

Usman dicambuk berkali-kali hingga ia kembali memeluk agama nenek moyangnya. Namun usman tetap teguh dengan pendiriannya tidak meninggalkan agama yang diajarkan Rasulullah.

Menyadari bahwa Usman tidak akan kembali kembali ke agama nenek moyang. Maka dari itu, ia melepaskan Utsman bin Affan dari siksaan.

Itulah sifat-sifat yang dimiliki oleh Usman bin Affan dan patut diteladani umat Muslim. Semoga setelah membaca kisah Usman bin Affan tadi kita semua bisa menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait