alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacalah Surah Al Mu'minun, Insya Allah Dapat Stempel Bahagia Dari Allah

Pebriansyah Ariefana Senin, 29 November 2021 | 13:50 WIB

Bacalah Surah Al Mu'minun, Insya Allah Dapat Stempel Bahagia Dari Allah
Surah Al Mu'minun

Dalam Al Quran, salah satu surah yang membahas tentang orang mukmin adalah Surah Al Mu'minun.

SuaraJatim.id - Menjadi orang mukmin adalah dambaan semua orang Islam. Sebab orang mukmin adalah cerminan sosok muslim yang ideal yang berpeluang besar mendapatkan surga. Dalam Al Quran, salah satu surah yang membahas tentang orang mukmin adalah Surah Al Mu'minun.

Menurut laman wikipedia.org, Surah Al Mu'minun adalah surah ke 23 dalam Al Quran. Suran ini tergolong surah Makkiyah dan memiliki 118 ayat. Dalam bahasa Arab, Al Mu'minun berarti Orang-orang Yang Beriman. Inilah yang telah disinggung di atas, bahwa menjadi orang yang beriman adalah gambaran seorang muslim yang ideal.

Orang-orang yang beriman pula adalah orang-orang yang beruntung karena mereka memiliki ketenangan hidup di dunia dan peluang masuk surga yang lebih besar. Sifat orang-orang mukmin itu pula yang tergambar dalam akhlak Nabi Muhammad SAW.

Ilustrasi Berdoa Kepada Tuhan. (pixabay.com)
Ilustrasi Berdoa Kepada Tuhan. (pixabay.com)

Pokok Kandungan Surah Al Mu'minun

Baca Juga: Surah Alkahfi Ayat 1-10: Kisah Pemuda Mempertahankan Keimanan

Meski diberi nama Surah Al Mu'minun, surah ini tak hanya berisi tentang seputar orang-orang mukmin saja. Ada sejumlah hal lain yang dibahas dalam surah ini, di antaranya:

  1. Kemenangan orang-orang Mukmin (Ayat 1-22).
  2. Langit dan segala sesuatu yang ada di bumi, diciptakan oleh Allah untuk kelanjutan kehidupan manusia yang wajib disyukuri (Ayat 17-22).
  3. Agama yang dibawa Nabi-Nabi adalah satu (Ayat 51-118).
  4. Kewajiban menjalankan agama menurut kadar kemampuan manusia (Ayat 62).
  5. Sanggahan terhadap pendirian orang kafir yang batil, terutama tanggapan bahwa Rabb punya anak atau sekutu (Ayat 84-92).
  6. Peristiwa-peristiwa pada hari kiamat dan kedahsyatanya (Ayat 101-114)
  7. Rabb menciptakan manusia bukanlah dengan percuma (Ayat 115-118).

Keutamaan Surah Al Mu'minun

Begitu luasnya cakupan pembahasan dalam Surah Al Mu'minun, membuat surah ini memiliki sejumlah keutamaan. Beragam keutamaan tersebut terekam dalam sejumlah hadits nabi. Diantaranya:

1. Mendapatkan kabar baik dari Malaikat

Pada laman bincangsyariah.com disebutkan, malaikat akan memberikan kabar baik kepada seseorang yang membaca surah Al Mu'minun. Selain itu, seseorang yang membaca surah Al Mu'minun akan mendapatkan ketenangan disaat malaikat maut datang menghampirinya. Ini sesuai dengan hadits berikut

Baca Juga: Surah Al Kafirun dan Artinya, Rasakan Manfaat Menjadi Toleran Seperti Contoh Nabi Muhammad

Dari Ubay, dia berkata bahwa Nabi Saw pernah berkata kepadaku; Barangsiapa membaca surah Al-Mukminun, maka malaikat akan memberikan kegembiraan padanya dengan ketenteraman rizeki dan surga kenikmatan, dan dia akan mendapatkan ketenangan ketika datang malaikat maut padanya.

2. Mendapatkan kemudahan masuk surga

Ilustrasi berdoa (pixbay)
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Surah Al Mu'minun juga dapat mempermudah seseorang yang membacanya masuk surga. Terutama jika membaca sepuluh ayat pertama dalam surah tersebut dan lalu mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Ini sesuai dengan bunyi haduts berikut ini.

Hadis riwayat Imam Al-Tirmidzi dari Abdurrahman bin Abdul Qari, dia berkata:

Aku mendengar Umar bin Al-Khaththab berkata; Bila turun wahyu kepada Nabi Saw, didekat wajah beliau terdengar seperti dengungan lebah. Pada suatu hari, turun wahyu kepada beliau, kami diam sejenak, beliau terlihat gembira lalu menghadap kiblat dan berdoa;

Ya Allah, tambahilah kami dan jangan kurangi kami, muliakan kami dan jangan hinakan kami, berilah kami dan jangan cegah kami, kedepankan kami dan jangan kesampingkan kami, ridhailah kami dan ridhailah perbuatan-perbuatan kami. Setelah itu, Nabi Saw bersabda; Sepuluh ayat diturunkan padaku, barangsiapa menunaikannya akan masuk surga. Beliau membaca ‘Qod aflahal mu’minunn’ hingga merampungkan sepuluh ayat.

3. Mendapatkan stempel kebahagiaan dari Allah

Laman abusyuja.com menulis, salah satu keutamaan surah Al Mu'minun adalah khasiatnya yang dapat memberikan jaminan kebahagiaan dari Allah, bagi siapapun yang membacanya. Selain itu Allah akan menempatkannya di surga. Ini sesuai hadits nabi berikut ini,

Abi Abdullah telah berkata, "Barangsiapa yang membaca Surah Al-Mu'minun, maka Allah memberinya stempel kebahagiaan. Dan jika ia melanggengkan (istiqamah) membacanya di setiap hari Jumat, maka tempat tinggalnya adalah di dalam surga Firdaus yang luhur bersama para Nabi dan Rasul." (Tsawabul A'mal: 138)

4. Dapat menyembuhkan kecanduan minuman keras

Surah Al Mu'minun juga memiliki khasiat sebagai doa atau wasilah untuk orang-orang yang gemar meminum minuman keras. hal tersebut disabdakan Nabi Muhammad dalam hadits berikut ini,

Nabi telah bersabda, "Barangsiapa yang menulisnya (Surah Al-Mu'minun) dan mengalungkannya kepada orang yang suka minum minuman keras (khamr), maka ia akan membenci minuman keras itu dan tidak akan mau mendekatinya lagi." (Tafsirul Burhan, Juz 5: 325)

5. Agar mudah memperoleh rezeki yang berkah

Surah Al Mu'minun juga dipercaya bisa menjadi soal atau wasilah bagi seseorang yang ingin mendapatkan rezeki yang berkah dan melimpah. Selain itu juga mendapatkan keamanan dan selamat dari marabahaya. Jika ingin mendapatkan khasiat itu, seseorang dianjurkan untuk membaca surah Al Mu'minun ayat 28-29, yang berbunyi sebagai berikut:

Ayat 28

Fa-idzaaastawaita anta waman ma’aka ‘alal fulki faqulil hamdu lillahil-ladzii najjaanaa minal qaumizh-zhaalimiin(a);

Artinya: Dan apabila engkau dan orang-orang yang bersamamu telah berada di atas kapal, maka ucapkanlah, “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari orang-orang yang zalim.”

Ayat 29

Wa qur Rabbi anzilnii munzalam mubaarakanw wa Anta khairul munziliin

Artinya: Dan berdoalah, "Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi, dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi tempat."

Demikian tadi sekelumit ulasan mengenai Surah Al Mu'minun yang dilihat dari kandungan surah dan keutamaannya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi wasilah untuk kita semua.

Kontributor : Rio Rizalino

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait