alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kandungan dan Bacaan Latin Surah Al Kautsar: Bikin Hati Tenang

Pebriansyah Ariefana Selasa, 30 November 2021 | 10:47 WIB

Kandungan dan Bacaan Latin Surah Al Kautsar: Bikin Hati Tenang
Surah Al Kautsar

Surah ini merupakan surah terpendek di antara surat-surat di dalam Al Quran.

SuaraJatim.id - Surah Al Kautsar merupakan surat ke-108 dalam Al Quran. Termasuk dalam golongan surat Makkiyah karena turun di Kota Mekah. Surah ini merupakan surah terpendek di antara surat-surat di dalam Al Quran.

Dahulu kala surah Al Kautsar di turunkan ke Rasulullah Saw di Mekkah saat beliau merasa sedih. Hal itu dikarenakan beliau ditinggalkan dua orang yang sangat disayanginya. Oleh sebab itu surah ini merupakan surat yang berfungsi untuk menghibur Rasulullah Saw.

Arti surat Al-Kautsar adalah nikmat yang berlimpah dan sebagai nama sungai. Surat ini bisa diamalkan dengan cara dibaca setiap hari. Insyaallah dengan begitu, kesedihan dan kesusahan yang kita alami akan berganti dengan kenikmatan.

Ilustrasi berdoa (pixbay)
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Berikut ini bacaan dan arti surah Al Kautsar ayat 1-3.

Baca Juga: Teks Surah Yasin Ayat 1-83, Lengkap dengan Tata Cara Membacanya

1. Inna a’thoina kalkautsar

Artinya: Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.

2. Fasholli lirobbika wanhar

Artinya: Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

3. Innasyaani akahuwal abtar

Baca Juga: Kandungan Surah Al Insan Ayat 17, Jahe Adalah Salah Satu Minuman Ahli Surga

Artinya: Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

Selain itu, terdapat keutamaan yang terkandung dalam surah Al Kausar.

1. Diberi Nikmat oleh Allah

Keutamaan surat Al-Kautsar yang pertama adalah diberikan nikmat oleh Allah SWT. Surat ini menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan nikmat kepada Rasulullah, diantaranya adalah keturunan yang banyak dan telaga Al-Kautsar di surga kelak.

Surat ini juga menjadi pengingat bagi umat manusia, untuk senantiasa mengingat dan bersyukur atas nikmat yang Allah berikan. Caranya dengan beribadah dengan ikhlas, zakat, dan amal sholeh lainnya.

2. Menyembuhkan Penyakit

Surat ini bisa dijadikan sebagai alat ikhtiar bagi umat Muslim, untuk meminta kesembuhan kepada Allah, atas segala sakit penyakit yang dideritanya. Jika mengamalkan surat Al Kautsar setiap hari, maka atas izin Allah segala penyakit yang diderita akan sembuh.

3. Rumah Tangga yang Harmonis

Keutamaan surah Al Kautsar selanjutnya yaitu menjadikan rumah tang ga akan harmonis. Cara mengamalkannya, surah ini dapat dibaca dengan salat tahajud bersama dengan pasangan. Niscanya rumah tangga akan semakin harmonis dan sakinah mawadah dan warohmah.

4. Menengkan Hati

Jika kita merasah gundah atau sedang ditimpa masalah, cobalah membaca surah ini sebanyak 3 kali maka hati akan tersa jauh lebih tenang. Selain menangkan perasaan sendiri, surah inj juga mampu meluluhkan hati seseorang.

5. Doa Akan Terkabul

Keutamaan surah Al Kautsar yang terakhir yaitu doa akan terkabul. Mintalah apa saja keinginan hanya kepada Allah. Jika Allah mengabulkannya maka itu yang terbaik, jika tidak Allah akan menggantikannya dengan yang lebih baik. Tentu saja doa akan terkabul jika diiringi dengan usaha dan ikhtiar.

Itulah penjelasan mengenai surah Al Kautsar serta isi bacaan dan keutamaanya.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait