facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Doa Qunut Salah Subuh Lengkap dengan Artinya

Dinar Surya Oktarini Rabu, 08 Desember 2021 | 17:17 WIB

Bacaan Doa Qunut Salah Subuh Lengkap dengan Artinya
Ilustrasi salat, sholat, shalat, wanita muslim/ doa qunut (elemen envato)

Berikut bacaan doa qunut salat subuh.

SuaraJatim.id - Beberapa umat muslim menjalankan doa qunut salat subuh. Bacaan ini bisa digunakan untuk salat berjamaah atau salat sendiri. Simak bacaan lengkapnya berikut ini.

Diketahui, membaca qunut saat menjalankan ibadah sholat subuh hukumnya sunah. Jadi, meski doa qunut tidak dibacakan saat shalat subuh, maka shalatnya tetap sah. Namun tidak ada salahnya untuk tetap membaca bacaan doa qunut subuh sendiri.

Umumnya, bacaan doa qunut saat shalat berjemaah dibacakan oleh imam dengam suara keras dan makmum cukup mengaminkan. Hal tersebut tertuang dalam hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abu Hurairah yang bunyinya sebagai berikut:

“Sesungguhnya Rasulullah SAW membaca doa qunut Nazilah dengan suara yang keras.”

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Subuh Sendiri dan Artinya

Ilustrasi salat. (Pixabay)
Ilustrasi salat/ Doa Qunut (Pixabay)

Namun, jika kamu menjalankan shalat subuh sendiri, kamu cukup membaca doa qunut secara lirih. Adapun bacaan doa qunut subuh sendiri seperti di bawah ini.

Bacaan Latin Doa Qunut Subuh Sendiri

Allahhummahdinii fiiman hadait, wa'a finii fiman 'aafait, wa tawallanii fiiman tawal-laiit, wa baarik lii fiimaa a'thait, wa qinii syarra maa qadhait.

Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik, wa innahu laayadzilu man walait, wa laa ya'izzu man 'aadait, tabaa rakta rabbanaa wata'aalait.

Falakalhamdu 'alaa maaqadhait, Astaghfiruka wa'atuubu ilaik, Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi wasallam.

Baca Juga: Sempurnakan Salat, Ini Keutamaan Membaca Doa Qunut saat Salat Subuh

Artinya: “Ya Allah tunjukkanlah padaku sebagaimana pada mereka yang telah Engkau beri petunjuk, dan berilah padaku pengampunan sebagaimana pada mereka yang Engkau beri ampun, dan peliharalah aku sebagaimana pada mereka yang Engkau pelihara, dan berilah padaku keberkatan sebagaimana yang telah Engkau karuniakan pada merek, dan selamatkan aku dari mara bahaya yang telah Engkau tentukan.

Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan yang kena hukum, maka sesungguhnya tidaklah hina pada mereka orang yang Engkau pimpin, dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi, Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau

Maka bagi Engkau segala puji atas yang Engkau hukumkan, aku mohon ampun kepada Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau, dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.”

Itulah bacaan doa qunut subuh sendiri lengkap dengan artinya yang penting diketahui umat muslim. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait