alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Amalan Doa Qunut Lengkap dengan Latin Serta Maknanya

Dinar Surya Oktarini Jum'at, 03 Desember 2021 | 17:43 WIB

Bacaan Amalan Doa Qunut Lengkap dengan Latin Serta Maknanya
Ilustrasi salat/berdoa saat Maulid Nabi./ doa qunut (Elements Envato)

Yuk simak, bacaan doa qunut salat subuh baik sendiri maupun berjamaah

SuaraJatim.id - Bacaan doa qunut umumnya dibaca sebagian umat muslim saat melaksanakan salat subuh. Berikut amalan yang bisa diterapkan latin dan beserta artinya. 

Doa qunut biasanya dibaca sebagian umat muslim pada rakaat terakhir salat subuh setelah itidal. Sebagian ulama berpendapat membaca doa qunut saat salat subuh hukumnya sunah. Namun, para ulama berbeda-beda pendapat 

Dilansir dari NU online, menurut ulama Hanafiyah dan Hanabilah membaca doa qunut disunahkan dalam shalat witir sebelum ruku. Menurut Hanafiyah sesudah ruku, dan menurut Hanabilah tidak sunah qunut pada selain shalat witir. 

ilustrasi sholat, ilustrasi salat, ilustrasi shalat, sholat dhuha (elemen envato)
ilustrasi sholat, ilustrasi salat, ilustrasi shalat, sholat dhuha/ doa qunut (elemen envato)

Ulama Malikiyah dan Syafi'iyah berpendapat, disunahkan membaca doa qunut pada shalat Subuh setelah ruku. Menurut Malikiyah yang paling utama adalah sebelum ruku, dan dimakruhkan qunut pada selain shalat Subuh (al Fiqh al Islami wa Adillatihi 2/171).

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Rumi Lengkap dengan Manfaatnya

Para ulama yang berpendapat membaca doa qunut hukumnya sunah saat shalat subuh didasarkan pada sebuah hadis berikut. 

Diriwayatkan dari Anas Ibn Malik RA. Beliau berkata: “Rasulullah  SAW senantiasa membaca qunut ketika Shalat Subuh sehingga beliau wafat.”

Bacaan doa qunut latin

Berikut bacaan doa qunut latin:

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Baca Juga: Doa Qunut Witir, Dibaca Setelah Sholat Witir

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam. 

Arti bacaan doa qunut latin:

“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

 Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

Membaca doa qunut mengandung banyak keutamaan di antaranya bisa memberikan keselamatan, mendatangkan berkah serta petunjuk, hingga terhindar dari penyakit.

Tidak ada salahnya bagi umat muslim untuk menunaikan doa qunut subuh dengan mengharap keutamaannya. Namun, tidak berdosa pula bagi yang tidak melaksanakannya.

Itulah tadi amalan bacaan doa qunut salat subuh latin dan artinya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait