facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbuka Puasa, Lengkap dengan Bacaan Latin dan Arti

Pebriansyah Ariefana Selasa, 04 Januari 2022 | 14:18 WIB

Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbuka Puasa, Lengkap dengan Bacaan Latin dan Arti
Ilustrasi berpuasa (Shutterstock)

Selain itu manfaat puasa Senin Kamis lainnya adalah dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.

SuaraJatim.id - Puasa Senin Kamis punya banyak manfaat. Terutama untuk kesehatan fisik dan psikologis. Di antara manfaat itu, puasa Senin Kamis bisa menyehatkan jantung. Puasa Senin Kamis sangat bermanfaat untuk menghindari terjadinya penyumbatan pada arteri karena partikel lemak. Saat berpuasa, maka lemak akan menjadi cadangan energy.

Selain itu manfaat puasa Senin Kamis lainnya adalah dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.

Dengan berhenti sejenak dari makan dan minum selama hari-hari tersebut, maka racun bisa dikeluarkan secara baik.

Saat berpuasa, pencernaan akan beristirahat dari tugasnya. Dengan beristirahatnya pencernaan, tentunya akan membuat pencernaan dapat kembali bekerja dengan maksimal.

Baca Juga: Tata Cara Puasa Senin Kamis untuk Kesuksesan

Ada lagi, puasa ternyata juga dapat menurunkan stress dan membuat hati menjadi lebih damai. Sehingga, jiwa dan raga orang yang berpuasa Senin Kamis akan lebih bersih.

Dalam Islam, puasa menjadi salah satu ibadah yang baik. Salah satunya puasa sunah Senin Kamis yang mampu mendatangkan pahala, membuat hati menjadi lebih lembut dan hawa nafsu pun berkurang.

Untuk diketahui, puasa merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam, terutama saat memasuki bulan Ramadhan. Meski begitu, ada puasa-puasa sunnah lain yang bisa dilakukan dan dijadikan kebiasaan karena manfaatnya.

Salah satu contohnya adalah puasa Senin Kamis, sebagaimana yang telah dicontohkan Rasulullah SAW. Saat menjalankan ibadah puasa, ternyata terdapat manfaat yang luar biasa, misalnya dari segi rohani dan juga kesehatan.

Semasa hidup, Nabi Muhammad SAW senantiasa menjalankan Ibadah puasa Senin Kamis. Tak mengherankan jika banyak umatnya yang ingin mengikuti kebiasaan Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Manfaat Besar Puasa Senin Kamis Lengkap Beserta Tata Caranya

Niat Puasa Senin Kamis

Meskipun sama-sama menahan makan dan minum, namun untuk doa niat puasa Senin Kamis dan puasa Ramadhan berbeda. Puasa Senin Kamis ini bisa dibaca saat malam hari atau saat fajar sudah tiba. Berikut bacaan niat puasa Senin Kamis.

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi tana’ala

Artinya : “Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah ta’ala”

Lalu untuk doa niat puasa di hari Kamis sebagai berikut:

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi tana’ala

Artinya:”Saya niat puasa hari Kamis, sunah karena Allah ta’ala”

Doa buka puasa senin kamis

Dikutip dari Buku Pintar Puasa Wajib dan Sunnah, yang dikarang Nur Solikhin, kata puasa dalam bahasa Arab bberarti shiyam atau shaum. Kedua kata itu memiliki makna menahan.

Dalam istilah fiqih, puasa adalahh menahan diri dari makan dan minum sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari dengan niat tertentu.

Puasa menjadi ibadah untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT., agar seorang hamba bisa mendapatkan ridha dan hidayah-Nya.

Umat muslim disunnahkan membaca doa berbuka puasa. Ada dua doa buka puasa yang bisa dilafalkan oleh umat muslim setelah seharian menahan lapar dan haus.

Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, berikut ini doa berbuka puasa:

Tulisan Latin:

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin

Artinya:

"Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka. Dengan rahmat-Mu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."

Demikian penjelasan tentang puasa Senin Kamis.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait