facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Doa Qunut Subuh, Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya

Pebriansyah Ariefana Selasa, 11 Januari 2022 | 17:44 WIB

Bacaan Doa Qunut Subuh, Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya
Ilustrasi sholat, muslim, salat, orang islam solat pakai masker (elemen envato)

Sehingga membaca doa qunut harus benar dan diresapi.

SuaraJatim.id - Bacaan doa qunut yang perlu Anda ketahui. Doa qunut Subuh menyimpan banyak keutamaan dan manfaat jika diamalkan dengan benar.

Sehingga membaca doa qunut harus benar dan diresapi.

Keutamaan baca doa qunut sholat subuh

  • Para ulama mengatakan ada keutamaan yang dapat kita peroleh ketika mengamalkan bacaan doa qunut saat sholat subuh. Berikut beberapa keutamaan dari membaca doa qunut sholat subuh.
  • Membuat pikiran kita lebih jernih sehingga mudah melihat adanya pentunjuk untuk menyelesaikan masalah hingga terhindar dari penyakit.
  • Segala tindak tanduk kita dilindungi oleh Allah SWT karena dalam doa qunut ada ayat berbunyi “Wa’aafinii fii man ‘afaiit” yang memiliki arti “Kasihkanlah hamba keselamatan sebagaimana hamba Mu yang lain yang sudah dikasih keselamatan”.
  • Allah SWT akan mempermudah rejeki kita karena dalam doa qunut terdapat ayat yang berbunyi “wabaariklii fiimaa a’thoiit” yang maknanya berkahilah kepada aku apa yang telah Engkau kasih.
  • Demikian doa qunut sholat subuh dan keutamaannya, yang tak hanya mendekatkan kita kepada sang pencipta tetapi juga memberikan ketenangan kepada hati kita dalam menjalani tantangan kehidupan.

Doa qunut terdiri atas tiga jenis yaitu doa qunut sholat subuh, doa qunut shalat witir pada paruh akhir bulan Ramadhan, dan doa qunut nazilah.

Baca Juga: Anggap Suara Azan Subuh Muazin Kurang Merdu, Pria Ini 'Dijewer' Allah Saat ke Masjid

Berikut bacaan doa qunut sholat subuh:

Allahummahdini fi man hadait,

Wa ‘afini fi man ‘afait,

Wa tawallani fi man tawallait,

Wa barikli fi ma a‘thait,

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut saat Sholat Sendiri

Wa qini syarra ma qadhait,

Fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaik,

Wa innahu la yazillu man walait,

Wa la ya‘izzu man ‘adait,

Tabarakta rabbana wa ta‘alait,

Fa lakal hamdu a’la ma qadhait,

Wa astagfiruka wa atubu ilaik,

Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Arti doa qunut sholat subuh

Agar lebih mampu memaknai bacaan doa qunut tersebut, berikut arti doa qunut untuk diresapi.

Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaiman mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan.

Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan.

Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan.

Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

(Mutaya Saroh)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait