facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Doa Setelah Baca Yasin dan Keutamaannya Membaca Surah Yasin, Masya Allah Diberikan Kemudahaan

Pebriansyah Ariefana Kamis, 13 Januari 2022 | 20:31 WIB

Doa Setelah Baca Yasin dan Keutamaannya Membaca Surah Yasin, Masya Allah Diberikan Kemudahaan
Surah Yasin / Surat Yasin (ist)

Allahumma inna nastahfidzhuka wa nastaudi'uka diinana wa anfusanaa wa ahlanaa wa aulaadanaa wa amwaalanaa wa kulla syai'in a'thaitanaa.

SuaraJatim.id - Doa setelah baca Yasin atau membaca surat yasin. Menyadur dalam berbagai sumber, berikut adalah bacaan latin doa setelah baca Yasin:

Allahumma inna nastahfidzhuka wa nastaudi'uka diinana wa anfusanaa wa ahlanaa wa aulaadanaa wa amwaalanaa wa kulla syai'in a'thaitanaa.

Allahummaj'alnaa wa iyyaa hum fii kanafika wa amaanika wa jiwaarika wa 'iyaadzika min kulli syaithaanim mariid wa jabbaarin' aniid wa dzii 'ainin wa dzii baghyin wa min syarri kulli dzii syarrin innaka 'alaa kulli syai'in qadiir.

Allahumma jamilnaa bil'aafiyati was salaaati wa haqqiqnaa bit taqwaa wal istiqaamati wa a'idznaa min muujibaatin nadaamati innaka samii'ud du'aa'i.

Allahummaghfirlanaa wa li waalidiina wa li aulaadinaa wa li masyaa-yikhinaa wa li ikhwaaniaa fiddiini wa li ashhaabinaa wa ahbaabinaa wa liman ahabbanaa fiika wa liman ahsana ilainaa wa lil mukminiina wal mukminaati wal musliminiina wal muslimaati ya rabbal 'aalamiin.

Wasalallahumma ala abdika warasulika saiyadinaa wamaulanaa muhammadin wa ala lihi wasabihi wasallam. war zuqna kamalal mutaba'ati lahu dhohiron wa bathinan fi 'afiyatin wa salamatin birohmatika ya arhamar rohimina.

Arti doa setelah baca Yasin:

"Ya Allah, sesungguhnya kami mohon pemeliharaan-Mu dan kami menyerahkan kepada-Mu agama kami, diri kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta-harta kami dan segala yang telah Engkau berikan kepada kami.

Ya Allah, jadikanlah kami dan juga mereka berada di dalam pemeliharaan-Mu, keamanan-Mu dan perlindungan-Mu dari setiap gangguan syetan pendurhaka, orang-orang takabur yang keras kepala, orang yang mempunyai pandangan jahat, kedhaliman dan dari pada kejahatan setiap orang yang mempunyai kejahatan. Sesungguhnya Engkau Maha Berkuasa atas segala sesuatu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa surat Yasin menjadi surat yang sangat dianjurkan untuik diamalkan karena memiliki banyak sekali keutamaan. Berikut adalah beberapa keutamaan surat Yasin yang perlu anda ketahui:

1. Pengampunan Dosa

Rasulullah SAW bersabda:

"Setiap sesuatu ada jantungnya. Jantungnya al-qur'an adalah surat Yasin. Siapa yang membaca surat Yasin, Allah menulis baginya pahala seolah-olah ia telah mengkhatamkan sepuluh kali al-qur'an." (HR. Darimi dan Turmudzi).

2. Diberikan Kemudahan

"Siapa yang membaca surat Yasin pada awal pagi, seluruh hajatnya akan dikabulkan oleh Allah.", hal ini dijelaskan melalui sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Darimi.

Adapun riwayat lain yang menyebutkan "Siapa yang membaca surat Yasin pada waktu pagi maka Allah memberinya kemudahan pada hari itu hingga sore harinya. Siapa yang membacanya di awal malam, maka Allah memberikan kemudahan sepanjang malam itu sampai pagi hari.”

3. Surat yang Dimuliakan

Hadits riwayat Darimi dan Rarmidzi menyebutkan bahwa Yasin merupakan surat yang menjadi jantung Al Quran, maka dari itu surat ini begitu dimuliakan.

"Setiap sesuatu ada jantungnya. Jantungnya Al Quran adalah surat Yasin. Siapa yang membaca surat Yasin, Allah menulis baginya pahala seolah-olah ia telah mengkhatamkan sepuluh kali Al Quran."

4. Ada 10 Keberkahan

"Bacalah surat Yasin karena padanya terdapat 10 keberkahan. Mereka yang membacanya dalam keadaan lapar maka akan diberi rezeki hingga kenyang. Mereka yang haus akan diberi minum hingga sirna hausnya. Mereka yang tak punya baju akan diberikan baju, mereka yang belum menikah maka akan diberikan jodohnya. Mereka yang ketakutan maka akan diamankan dari ketakutannya. Mereka yang dipenjara kecuali akan dikeluarkan. Mereka yang dalam perjalanan maka akan diberi bantuan dalam perjalananya. Mereka yang kehilangan maka akan dikembalikan padanya, mereka yang sakit akan disembuhkan. Jika dibacakan pada mayyit maka akan diringankan baginya," (Baghiyyatul Haarits juz 1 hal 52).

Demikian doa setelah baca Yasin. Semoga Anda semakin menjadi manusia baik.

(Dhea Alif Fatikha)

Komentar

Berita Terkait