facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Doa-doa Ketika Hujan Turun dan Artinya

Pebriansyah Ariefana Rabu, 19 Januari 2022 | 06:06 WIB

Doa-doa Ketika Hujan Turun dan Artinya
Ilustrasi berdoa (Pixabay.com)

Hujan salah satu berkah dan nikmat yang diberikan Allah SWT.

SuaraJatim.id - Berdoa ketika hujan turun adalah hal yang disunahkan bagi umat Muslim. Kita sebagai umat Muslim diminta bersyukur saat doa ketika hujan.

Karena hujan salah satu berkah dan nikmat yang diberikan Allah SWT.

Seperti yang tertuang dalam Al-Quran Surat Al Furqan ayat 48 Allah SWT berfirman: "Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih."

Ketika hujan turun merupakan waktu yang tepat dan mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT.  Seperti yang dijelaskan dalam hadits Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga: Doa Turun Hujan Ajaran Nabi Muhammad SAW

“Dua do’a yang tidak akan ditolak: do’a ketika adzan dan do’a ketika ketika turunnya hujan.” (HR Al Hakim dan Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ no 3078).

Sesusai dengan hadist diatas  membaca doa ketika hujan turun menjadi rasa syukur dan memohon perlindungan agar saat hujan turun tidak mendatangkan bencana.

Berikut doa-doa yang bisa kita panjatkan  ketika turun hujan:

Doa Ketika turun hujan lebat

"Allahumma hawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhirabi, wa buthunil awdiyati, wa manabitisy syajari"

Baca Juga: Hindari Rasa Dengki dengan Doa dan Hadits Tentang Dengki

Artinya : “Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.” (H.R. Bukhari: No. 1040)

Demikian  doa ketika hujan sesuai sunnah Nabi. Semoga bermanfaat dan  membantu kita semua yang belum mengetahui doa ketika hujan turun.

Kontributor : Annisa Nur Rachmawati

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait