facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Doa untuk Orang Sakit agar Cepat Sembuh dan Cara Membaca Doa Dikabulkan

Pebriansyah Ariefana Minggu, 23 Januari 2022 | 13:46 WIB

Doa untuk Orang Sakit agar Cepat Sembuh dan Cara Membaca Doa Dikabulkan
Ilustrasi berdoa (Pixabay.com)

Untuk Anda ketahui jika doa untuk orang sakit merupakan hal yang sangat penting dalam Islam. Bahkan itu dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

SuaraJatim.id - Membaca doa untuk orang sakit penting untuk dilakukan. Namun tidak sembarang doa dipanjatkan. Ada bacaan khusus doa untuk orang sakit.

Untuk Anda ketahui jika doa untuk orang sakit merupakan hal yang sangat penting dalam Islam. Bahkan itu dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Berikut ini doa untuk orang sakit yang perlu diperhatikan:

Doa untuk Orang Sakit

Baca Juga: 5 Doa Rezeki yang Bisa Dibaca Beserta Terjemahannya

1. “Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba’sa Wasy Fihu, Wa Antas Syaafi, Laa Syifaa-a Illa Syfaauka, Syifaan Laa Yughaadiru Saqaama", yang artinya: “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkan penyakit dan berikan dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lainnya".

Kita bisa secara rutin setiap selesai sholat fardhu melafalkan doa di atas untuk kesembuhan orang tua, agar bisa segera sembuh dan juga berkumpul kembali dengan kita dan keluarga lainnya.

2. Selain itu, ada juga doa seperti berikut ini:

"Bismillah (3x). A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir (7x)”, yang artinya: “Dengan menyebut nama Allah, dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai", (HR Muslim).

3. "Imsahil ba'sa rabban nasi. Bi yadikas syifa'u. La kasyifa lahu illa anta", yang artinya: "Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Engkau".

Baca Juga: Pengertian dan Proses Terjadinya Hujan, Lengkap dengan Doa Minta Hujan

Sebenarnya masih ada banyak sekali kumpulan doa untuk orang sakit yang dapat dipanjatkan. Salah satu yang sangat mujarab dan sangat umum bisa dilafalkan jika sedang sakit adalah dengan membaca Al-Fathihah.

Surat Al-Fathihah memiliki kedudukan dan keutamaan yang sangat tinggi, termasuk untuk menyembuhkan segala penyakit yang diderita oleh setiap umat muslim.

4. “Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman", yang artinya: "Ya Tuhanku, Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri”, (HR Bukhari, nomor 5742; Muslim, nomor 2191).

Demikian doa untuk orang sakit yang bisa Anda bacakan.

(Rishna Maulina Pratama)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait