facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lengkap Doa Sholat Dhuha, Dikenal dengan Ibadah Pembuka Pintu Rezeki

Pebriansyah Ariefana Minggu, 23 Januari 2022 | 18:58 WIB

Lengkap Doa Sholat Dhuha, Dikenal dengan Ibadah Pembuka Pintu Rezeki
Ilustrasi sholat, keutamaan surat ar-rahman (Freepik)

Dalam kitab Irsyad At-Thalabah karya kumpulan santri Pondok Pesantren Daarul Rahman disebutkan bacaan doa sholat dhuha dan artinya di pagi hari.

SuaraJatim.id - Doa sholat dhuha, dikenal dengan ibadah pembuka pintu rezeki. Dalam kitab Irsyad At-Thalabah karya kumpulan santri Pondok Pesantren Daarul Rahman disebutkan bacaan doa sholat dhuha dan artinya di pagi hari.

Dikutip dari AyoBandung, ibadah sunnah ini punya keutamaannya sebagaimana dijelaskan dalam sejumlah hadits.

Sholat dhuha mempunyai pahala sebagaimana orang yang bersedekah. Bahkan Allah akan membukakan pintu rezeki sehingga tercukupinya segala kebutuhan orang yang melaksanakan sholat dhuha.

Ini sebagaimana keterangan hadits yang diriwayatkan Imam Tirmidzi yang menjelaskan. Allah berfirman: "Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka'at sholat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang,” (HR. Tirmidzi).

Baca Juga: Lafal dan Makna Surat Al Waqiah, Pembuka Pintu Rezeki

Dalam redaksi hadits yang diriwayatkan At Thabrani juga dijelaskan Allah membukakan pintu khusus di surga bagi orang-orang yang istiqamah melaksanakan sholat dhuha. Pintu itu diberi nama pintu dhuha.

Sementara pada hadits riwayat Tirmidzi dapat ditemukan penjelasan bahwa orang yang sholat dhuha akan diampuni dosa-dosanya. Dalam hadits riwayat At Thabrani juga dijelaskan orang yang sholat dhuha terhindar dari lalai dan dicatat sebagai ahli ibadah.

Berikut doa sholat dhuha seperti dikutip dari AyoBandung:

"Allahumma inna ddhuha-a dhuha-uka walbaha-a baha-uka, wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal qudrata qudratuka wal ishmata ishmatuka, allahumma in kaana rizqiy fi as-samaa-i fa-anzilhu wa in kaana fil ardhi fa akhrijhu wa in kaana mu'siran fayassirhu wa in kaana haraaman fathahirhu wa kn kaana baidan faqarribhu bihaqqi dhuhaaika wa bahaaika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika aatinii maa ataita bihi ibadaka as-shaalihin,"

Yang artinya, "Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, apabila rezekiku ada di langit maka turunkanlah, apabila dia ada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila dia sulit bagiku maka mudahkanlah, apabila dia haram sucikanlah, apabila jauh maka dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, dan kekuatan-Mu. Berikanlah kepdaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang shalih,".

Demikian doa sholat dhuha dan artinya yang dibaca setiap selesai sholat dhuha.

Baca Juga: Kumpulan 27 Sunnah Nabi Muhammad SAW, Sholat Dhuha Hingga Jalan Tanpa Alas Kaki

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait