facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Hadist Tentang Cinta, Pedoman Umat Islam Dalam Urusan Cinta dan Mencintai

Pebriansyah Ariefana Kamis, 27 Januari 2022 | 03:53 WIB

10 Hadist Tentang Cinta, Pedoman Umat Islam Dalam Urusan Cinta dan Mencintai
Ilustrasi berdoa, Kumpulan Doa untuk Orang Sakit (Freepik)

Berikut ini penjelasan mengenai 10 hadist tentang yang terdiri dari Hadist Qudsi dan beberapa Hadist Riwayat dari Perawi Hadist

SuaraJatim.id - Hadist tentang cinta yang bisa dijadikan sebagai pedoman atau acuan dalam menebarkan cinta dan kasih sayang, mungkin berjumlah banyak.

Hal tersebut juga menunjukkan bahwa ajaran agama islam itu kompleks, komprehensif, dan sempurana. Sampai – sampai urusan rasa cinta dan kasih sayang pun diatur dalam ajarannya.

Melansir dari YouTube chanel Whaton Studio, yang diakses pada Rabu (26/1/2022). Adapun 10 hadist yang membahas mengenai cinta dan kasih sayang adalah sebagai berikut:

1. Rasulullah SAW bersabda, “sesungguhnya orang – orang yang saling mencintai, kamar – kamarnya di surga nanti terlihat seperti bintang yang muncul dari timur atau bintang barang yang berpijar. Lalu ada yang bertanya, “siapa mereka itu?”, “mereka itu adalah orang – orang yang mencintai karena ALLAH Azzawajalla.” (HR. Ahmad).

Baca Juga: Wajahnya Nggak Berubah! Intip 8 Metamorfosa Titi Kamal dari Bayi, Remaja hingga Usia 40 Tahun

Hadist tersebut memberi penjelasan bahwa orang yang mencintai pasangannya karena didasarkan karena ALLAH Azzawajalla, maka akan mendapat surga yang digambarkan seperti bintang yang muncul dari timur atau bitang barat yang berpijar.

2. Rasulullah SAW bersabda, “demi Dzat yang jiwaku berada di dalam genggaman-Nya, kalian tidak akan masuk surga sebelum kalian beriman. Kalian tidak akan beriman sebelum kalian saling mencintai. Tidakkah aku tunjukkan kepada kalian mengenai sesuatu yang ketika kalian melakukannya, maka kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian!.” (HR. Muslim).

3. Rasulullah SAW bersabda, “cintailah kekasihmu sewajarnya saja karena bisa saja suatu saat nanti ia akan menjadi orang yang kamu benci. Bencilah sewajarnya karena bisa saja suatu saat nanti ia akan menjadi kekasihmu.” (HR. Al – Tirmidzi)

Hadist tersebut memberi himbauan kepada umat manusia bahwa, apabila mencintai dan membenci orang sewajarnya saja. Karena bisa saja orang yang dicintai dan dibenci akan berbalik membenci atau mencintai.

4. Rasulullah SAW bersabda, “sesungguhnya seorang muslim apabila beremu saudaranya yang muslim, lalu ia memegang tangannya (berjabar tangan) gugurlah dosa keduanya sebagaimana gugurnya daun dan pohon kering jika ditiup angin kencang. Sungguh diampuni dosa mereka berdua, meski sebanyak buih dilaut.” (HR. Tabrani).

Baca Juga: Ulasan Film Marriage: Belajar Memaknai Arti Pasangan Terbaik saat Berpisah

5. Rasulullah SAW bersabda, “tiga perkara, yang barang siapa pemiliknya, ia dapat merasakan manisnya iman, yaitu cinta kepada ALLAH dan Rasul melebihi cintanya kepada selain keduanya, cinta kepada seseorang karena ALLAH dan membenci kekafiran sebagaimana ia tidak mau dicampakkan ke dalam api neraka.” (HR. Bukhari – Muslim)

6. “Pasti akan mendapat cinta-KU orang – orang yang cinta mencintai karena AKU, saling kunjung mengunjungi karena AKU dan saling memberi karena AKU.” (Hadist Qudsi). 

Hadist tersebut menjelaskan bahwa, apabila bertemu dengan seseorang di suatu daerah lain karena ALLAH SWT, lalu mereka saling memberi. Maka orang yang bertemu tersebut akan mendapat Cinta ALLAH SWT. 

7. Rasulullah SAW bersabda, “sesungguhnya ALLAH SWT pada hari kiamat berfirman: Dimanakah orang yang cinta mencintai karena keagungan-KU? Pada hari ini AKU akan menaungi dengan menunggu-KU di hari yang tiada naungan melainkan naungan-KU.” (HR. Muslim).

8. Rasulullah SAW bersabda, “hiduplah sesukamu maka sesungguhnya kamu akan mati. Cintailah sesuatu sesukamu maka sesungguhnya kamu akan berpisah. Berbuatlah sesukamu maka sesungguhnya kamu akan bertemu dengannya.” (HR. Hakim).

9. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak beriman salah seorang dari kalian sampai mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri,” (HR. Bukhari dan Muslim)

10. Rasulullah SAW bersabda, “mereka adalah satu kaum yang cinta mencintai dengan ruh ALLAH tanpa ada hubungan sanak saudara, kerabat diantara mereka serta tidak ada hubungan harta benda yang ada pada mereka. Maka, demi ALLAH wajah – wajah mereka sungguh bercahaya, sedang mereka tidak takut apa – apa dikala orang lain takut, dan mereka tidak berduka cita dikala orang lain berduka cita.” (HR. Abu Daud).

Dari hadist tersebut mengandung isi bahwa, orang – orang yang cinta mencintai dengan Ruh ALLAH, akan berkedudukan seperti nabi dan syuhada di sisi ALLAH SWT.

Demikianlah 10 hadist tentang cinta yang dapat dijadikan sebagai pedoman saat cinta dan mencintai seseorang.

Kontributor : Agung Kurniawan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait