facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tata Cara Mandi Wajib Laki-Laki yang Benar dan Sah, Jangan Sampai Ada yang Terlewat!

Nur Afitria Cika Handayani Kamis, 27 Januari 2022 | 20:09 WIB

Tata Cara Mandi Wajib Laki-Laki yang Benar dan Sah, Jangan Sampai Ada yang Terlewat!
Ilustrasi mandi. (Pixabay)

Mandi wajib merupakan salah satu aktivitas bersuci dalam agama Islam. Mandi wajib harus dilaksanakan bagi laki-laki maupun perempuan yang melakukan aktivitas tertentu.

SuaraJatim.id - Beberapa orang masih banyak yang salah saat mandi wajib laki-laki. Agama Islam selalu mengajarkan bahwa kebersihan sebagian dari iman. Keimanan seorang muslim dan muslimah dapat terlihat bersihnya orang tersebut. Beberapa bentuk menyucikan atau membersihkan diri adalah dengan mandi dan berwudhu.

Berwudhu kerap dilaksanakan untuk melakukan shalat wajib maupun sunnah. Berwudhu memiliki urutan yang sesuai dengan tuntunan agama Islam.

Selain berwudhu, tindakan bersuci lainnya yakni mandi. Mandi kerap dilakukan setiap hari dan ada pula yang dilakukan ketika waktu tertentu. Bentuk mandi yang lain adalah mandi besar.

Tujuan mandi besar yakni menghilangkan hadas besar. Mandi besar hukumnya wajib setelah melakukan aktivitas tertentu karena jika seseorang tidak melaksanakan mandi besar, maka ia juga tidak dapat melakukan ibadah.

Baca Juga: Cara Mandi Wajib yang Benar Agar Kembali Suci Berdasarkan Surah Al Maidah Ayat 6

Mandi besar wajib dilakukan bagi perempuan maupun laki-laki dalam keadaan tertentu atau setelah melakukan aktivitas tertentu. Berikut tata cara mandi wajib laki-laki yang benar dan sah:

Menurut Kitab Safinatun Najah, Syekh bin Sumair Al Hadlrami menjelaskan terkait rukun mand besar. Rukun mandi besar yakni niat dan kedua yakni meratakan air ke seluruh tubuh.

Secara praktiknya yakni sebagai berikut:

Tata Cara Mandi Wajib Laki-laki

1. Membaca niat

Baca Juga: Tata Cara Bacaan Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid Bagi Perempuan

Bismillahirahmanirahim Nawaitul Ghusla Liraf'il Hadatsil Akbar Minal Janabati Fardlon Lillahi Ta'ala.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait