facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Libur Lebaran Ini Okupansi Hotel di Jawa Timur Meloncak 75 hingga 80 Persen

Muhammad Taufiq Kamis, 05 Mei 2022 | 19:32 WIB

Libur Lebaran Ini Okupansi Hotel di Jawa Timur Meloncak 75 hingga 80 Persen
Ilustrasi hotel bintang 5. (Envato)

Okupansi hotel di Jawa Timur ( Jatim ) melonjak pada momentum libur Lebaran 2022 ini. Peningkatan ini bahkan mencapai 75 hingga 80 persen.

SuaraJatim.id - Okupansi hotel di Jawa Timur ( Jatim ) melonjak pada momentum libur Lebaran 2022 ini. Peningkatan ini bahkan mencapai 75 hingga 80 persen.

Data ini disampaikan Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) Jawa Timur. Kenaikan ini terjadi khususnya di lokasi wisata seperti Malang Raya.

Ketua PPHI Jatim, Mochamad Soleh di Surabaya, Kamis mengatakan peningkatan ini karena adanya pelonggaran aturan perjalanan oleh pemerintah yang membuat angka kunjungan wisatawan di Jatim meningkat, termasuk bagi sektor akomodasi.

"Secara umum kondisi objek wisata maupun akomodasi saat ini sudah lebih baik tetapi masih belum seperti sebelum pandemi. Pengusaha pun berharap situasi COVID-19 tidak meningkat lagi setelah momen liburan berakhir," katanya.

Baca Juga: Jadwal Tol One Way Arus Balik Mudik Lebaran 2022 Terbaru Berlaku Besok, Pemudik Cek Dulu!

Ia mengatakan, selain kawasan Malang Raya, beberapa lokasi wisata juga mengalami peningkatan seperti Bromo, Tretes dan Trawas dengan rata-rata okupansi mencapai 100 persen.

“Untuk Surabaya dan sekitarnya mencatatkan okupansi hotel rata-rata mencapai 70 persen saat libur Lebaran, tetapi mulai 4 Mei turun menjadi 50 persen,” katanya.

Sedangkan di Pasuruan dan Probolinggo okupansi rata-rata 60 persen, dan pascalebaran diperkirakan kembali turun menjadi 30 persen.

Soleh mengimbau, pengelola hotel dan tempat wisata juga harus mengikuti prosedur kesehatan COVID-19, termasuk dengan menerapkan konsep wisata halal atau moslem friendly.

“Obyek wisata di Jatim umumnya sudah menerapkan konsep halal/moslem friendly dengan melengkapi fasilitas ibadah bagi muslim dan menyediakan makanan halal," katanya.

Baca Juga: BMKG Prediksi Akan Terjadi Hujan Lebat Saat Arus Balik Mudik Lebaran 5-9 Mei

Sementara itu, berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, untuk Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel klasifikasi bintang di Jawa Timur mencapai rata-rata 46,56 persen atau naik sebesar 1,85 poin dibandingkan awal tahun 2022.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait