facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sumenep Diguncang Gempa Magnitudo 3,9 Kamis Dini Hari Tadi

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 12 Mei 2022 | 11:53 WIB

Sumenep Diguncang Gempa Magnitudo 3,9 Kamis Dini Hari Tadi
Gempa magnitudo 3,9 di Sumenep, Madura Jatim, Kamis (12/5/2022). [BMKG]

Berdasar laporan resmi BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 6.89 LS dan 113.99 BT. Persisnya di darat pada jarak 21 kilometer, Timur Laut Sumenep.

SuaraJatim.id - Gempa magnitudo 3,9 mengguncang Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (12/5/2022) pukul 00.43 WIB. Gempa tektonik tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Berdasar laporan resmi BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 6.89 LS dan 113.99 BT. Persisnya di darat pada jarak 21 kilometer, Timur Laut Sumenep, dan pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala BMKG Kalianget, Sumenep, Usman Khalid membenarkan telah terjadi gempa bumi di wilayahnya tersebut. Menurutnya, jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa melanda Sumenep merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

“Gempa itu paling terasa di wilayah Kecamatan Batuputih. Tapi sejauh ini kami belum menerima laporan adanya dampak kerusakan bangunan akibat gempa. Warga hanya sebatas merasakan adanya getaran,” katanya mengutip Beritajatim.com, Kamis.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Banda Aceh, Warga Diminta Waspada Gempa Susulan

Ia melanjutkan, hasil monitoring BMKG hingga pukul 06:00 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

“Jadi masyarakat tidak perlu panik. Jangan mudah terpengaruh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

Sementara, salah satu warga Batuputih, Lastri, mengaku merasakan adanya gempa di rumahnya. Ia merasakan ada getaran sekitar 5 detik.

“Setelah 5 detik itu sudah tidak ada getaran. Kami sempat panik memang. Tapi Alhamdulillah, semua baik-baik saja sampai sekarang,” ucapnya.

Baca Juga: Banda Aceh Gempa 5,2 SR, Terasa Hingga Aceh Besar dan Aceh Jaya

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait