facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

SpaceX Pecat Lima Karyawannya Gara-gara Mengkritik Elon Musk

Muhammad Taufiq Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:55 WIB

SpaceX Pecat Lima Karyawannya Gara-gara Mengkritik Elon Musk
Kontroversi Elon Musk (Instagram]

Kabar pemecatan lima karyawan perusahaan teknologi SpaceX sedang bikin gaduh dunia industri.

SuaraJatim.id - Kabar pemecatan lima karyawan perusahaan teknologi SpaceX sedang bikin gaduh dunia industri.

Penyebab pemecatan ternyata gara-gara kedapatan menyusun dan mengedarkan surat yang mengkritik sang pendiri yakni Elon Musk.

SpaceX mendesak para eksekutif untuk membuat budaya perusahaan lebih inklusif. Dikutip dari Reuters, SpaceX tidak segera menanggapi permintaan komentar.

The New York Times sebelumnya melaporkan bahwa SpaceX telah memecat karyawan yang terkait dengan surat itu, menurut tiga karyawan yang mengetahui situasi tersebut. Ia tidak merinci jumlah karyawan yang diberhentikan.

Baca Juga: SpaceX Memberhentikan Karyawan yang Edarkan Surat Berisi Kritik Terhadap Elon Musk

Presiden SpaceX Gwynne Shotwell mengirim email yang mengatakan perusahaan telah menyelidiki dan "menghentikan sejumlah karyawan yang terlibat" dengan surat itu, kata New York Times, Minggu (18/06/2022).

Surat kabar itu mengatakan email Shotwell menunjukkan karyawan yang terlibat dalam mengedarkan surat itu telah dipecat karena membuat staf lain merasa "tidak nyaman, terintimidasi dan diintimidasi, dan/atau marah karena surat itu menekan mereka untuk menandatangani sesuatu yang tidak mencerminkan pandangan mereka".

Reuters tidak dapat secara independen mengkonfirmasi laporan itu. Musk sedang mengejar tawaran 44 miliar dolar AS untuk Twitter dan telah memperjelas dukungannya terhadap kontrol yang lebih bebas pada pidato di situs tersebut.

Pada hari Kamis (15/6) dia mengatakan kepada karyawan Twitter bahwa platform tersebut harus mengizinkan "hal-hal yang sangat keterlaluan" selama kontennya tidak ilegal.

Surat SpaceX, dengan judul "surat terbuka kepada Eksekutif SpaceX," yang dilihat oleh Reuters, menyebut Musk sebagai "gangguan dan rasa malu" bagi perusahaan yang ia dirikan.

Baca Juga: Buat Surat Kritikan untuk Elon Musk, 5 Karyawan SpaceX Dipecat

Dalam daftar tiga tuntutan, dikatakan "SpaceX harus dengan cepat dan eksplisit memisahkan diri dari merek pribadi Elon", "memegang tanggung jawab semua pimpinan secara setara untuk menjadikan SpaceX tempat yang bagus untuk bekerja bagi semua orang" dan "mendefinisikan dan menanggapi secara seragam semua bentuk perilaku yang tidak dapat diterima".

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait