facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jatim Belum Berlakukan Pendaftaran Subsidi BBM Lewat Aplikasi MyPertamina

Muhammad Taufiq Jum'at, 01 Juli 2022 | 10:54 WIB

Jatim Belum Berlakukan Pendaftaran Subsidi BBM Lewat Aplikasi MyPertamina
Ilustrasi SPBU.

Wilayah Jawa Timur ( Jatim ) belum akan memberlakukan pendaftaran subsidi BBM melalui aplikasi MyPertamina atau Laman Pertamina.

SuaraJatim.id - Wilayah Jawa Timur ( Jatim ) belum akan memberlakukan pendaftaran subsidi BBM melalui aplikasi MyPertamina atau Laman Pertamina.

Hal ini disampaikan Section Head Communication & Relations Pertamina Patra Niaga yang membawahi wilayah Jatim, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus), Arya Yusa Dwicandra.

"Untuk wilayah Jatim belum diberlakukan pendaftaran melalui subsidi tepat MyPertamina. Hanya 11 kota dan kabupaten di luar Jatim yang sudah dipilih," ujarnya kemarin, dikutip dari Antara.

Ia juga meluruskan terkait berita beredar yang beranggapan bahwa Pertamina akan mewajibkan konsumen melakukan pembayaran melalui aplikasi MyPertamina untuk pembelian BBM jenis pertalite dan biosolar.

Baca Juga: Dibuka Hari Ini, 2 Cara Daftar MyPertamina untuk Beli Pertalite dan Solar

Yang benar, kata Arya, Pertamina membuka pendaftaran dan bukan mewajibkan konsumen membayar melalui aplikasi MyPertamina ketika hendak membeli BBM jenis pertalite dan biosolar.

Pendaftaran tersebut, hanya untuk mendata kendaraan yang layak mengkonsumsi BBM bersubsidi atau tidak, tujuannya agar subsidi yang disalurkan benar-benar tepat sasaran.

"Kekhawatiran masyarakat ini turut meningkatkan konsumsi pertalite dan biosolar di sejumlah SPBU di Jatim. Sebab, pendataan itu sifatnya uji coba, dan Jatim belum ada daerah yang memulai uji coba pendataan dimaksud," katanya.

Arya menegaskan, pembayaran untuk pembelian BBM jenis pertalite dan biosolar tetap bisa dilakukan dengan uang tunai, atau melalui aplikasi MyPertamina.

Terkait pendaftaran subsidi tepat, bisa dilakukan melalui laman atau mypertamina.id, dan nantinya konsumen akan mendapatkan QR Code unik.

Baca Juga: Cara Mendaftar MyPertamina dan Langkah Bayar saat Beli Pertalite Mulai 1 Juli 2022

"QR Code unik ini nantinya harus ditunjukkan kepada petugas di SPBU saat akan melakukan pengisian BBM jenis pertalite dan biosolar, dan antinya akan menentukan konsumen yang datang layak atau tidak membeli BBM bersubsidi," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait