facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Apa Itu Pro-FETO? Organisasi yang Diperingatkan Turki Agar Indonesia Mewaspadainya

Muhammad Taufiq Jum'at, 15 Juli 2022 | 19:45 WIB

Apa Itu Pro-FETO? Organisasi yang Diperingatkan Turki Agar Indonesia Mewaspadainya
Wakil Duta Besar Turki untuk Indonesia, Omer Orhun Celikkol, dalam sebuah acara di Jakarta, Jumat (14/07/2022).

Beberapa waktu belakangan ini mencuat Organisasi Teroris Fethullah Gulen (FETO). Organisasi ini menjadi sorotan sebab gerakan ekstremnya di Turki.

SuaraJatim.id - Beberapa waktu belakangan ini mencuat Organisasi Teroris Fethullah Gulen (FETO). Organisasi ini menjadi sorotan sebab gerakan ekstremnya di Turki.

Oleh sebab itu, pemerintah Turki meminta pemerintah Indonesia untuk mewaspadai aktivitas individu atau kelompok yang mereka duga berafiliasi dan mendukung organisasi tersebut (Pro-FETO).

Peringatan ini disampaikan Wakil Duta Besar Turki untuk Indonesia, Omer Orhun Celikkol, dalam sebuah acara di Jakarta, Jumat (14/07/2022).

"Kami meminta Indonesia untuk terus waspada terhadap aktivitas FETO karena mereka merupakan ancaman tidak hanya bagi Turki tetapi juga bagi Indonesia," katanya.

Baca Juga: Indonesia Diminta Waspada Pergerakan Kelompok Pendukung Organisasi Teroris Fethullah Gulen

Pada 15 Juli 2016, Turki, kata Omer, menghadapi upaya kudeta yang dilakukan oleh FETO dan yang menewaskan sekitar 251 orang serta lebih dari dua ribu orang lainnya luka-luka.

Upaya kudeta tersebut gagal berkat perlawanan rakyat Turki yang turun ke jalanan untuk menentang upaya yang dilakukan oleh FETO, sebuah organisasi yang mengidolakan ulama bernama Fettullah Gülen sebagai pemimpin tertingginya.

Dalam perjalanan beberapa dekade, organisasi teroris itu, kata Omer, berhasil menyusup ke semua aparatur negara dan melalui pengaturan rahasianya di dalam organ konstitusional, mereka membentuk struktur negara paralel alternatif di Turki.

Dalam enam tahun terakhir, perjuangan Turki untuk terus memerangi FETO baik di dalam dan di luar negeri menjadi salah satu prioritas utama negara itu.

Berbagai negara dan organisasi internasional juga telah menyatakan FETO sebagai organisasi teroris, katanya. Setelah serangkaian upaya investigasi, beberapa negara juga turut mendukung upaya memerangi FETO

Baca Juga: Turki Sebut Organisasi Teroris Fethullah Gulen Ancaman Bagi Indonesia

Namun sayangnya, kata Omer, individu dan kelompok yang mendukung FETO masih ada di Indonesia.

Baca Juga

18:35 WIB
Polisi Turki Bubarkan Pawai LGBT

Polisi Turki Bubarkan Pawai LGBT

Beberapa tahun terakhir, pemerintah telah menggunakan pendekatan yang keras terhadap acara-acara publik oleh kelompok-kelompok yang tidak mewakili pandangan agamanya yang konservatif.

Selengkapnya

Komentar

Berita Terkait