Rumah Warga di Jember Hancur Usai Jaringan Wifi Tersambar Petir

Rumah seorang warga di Dusun Kalimalang, Desa Mayangan, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember, Jawa Timur, rusak parah akibat tersambar petir, Kamis (19/1/2022).

Muhammad Taufiq
Selasa, 24 Januari 2023 | 17:12 WIB
Rumah Warga di Jember Hancur Usai Jaringan Wifi Tersambar Petir
Tangkapan layar Instagram [Foto: Tangkapan layar Instagram]

SuaraJatim.id - Rumah seorang warga di Dusun Kalimalang, Desa Mayangan, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember, Jawa Timur, rusak parah akibat tersambar petir, Kamis (19/1/2022).

Diduga petir menyambar jalur wifi yang terpasang di rumah tersebut.

Rumah itu pun hancur. Genteng jatuh berserakan di lantai hingga kaca jendela juga pecah.

Kondisi rumah tersebut terekam oleh video amatir yang diambil warga.

Baca Juga:179 Pohon di Jember Bakal Dipangkas, Jalan Letjen Supraprto Ditutup Total 3 Hari

Video itu kemudian dibagikan oleh akun instagram @platpemedia.

Dalam video berdurasi singkat itu memperlihatkan kondisi rumah dari depan. Tampak rumah bagian depan kotor. Jendela rumah itu juga pecah dan kacanya berserakan di dalam rumah.

Lantainya juga penuh dengan pasir dan material bangunan yang berserakan.

Perekam kemudian memperlihatkan kondisi bagian dalam rumah melalui jendela yang sudah tidak ada kacanya.

Atap bangunan rumah hancur dan jatuh berantakan, menimpa seluruh perabotan rumah. Mulai dari kursi hingga lemari kayu.

Baca Juga:Terungkap! Korban Pencabulan Kiai Fahmi di Jember 4 Santriwati

Kondisi setiap sudut rumah juga tampak berserakan.

Perekam juga menunjukkan jalur kabel wifi yang diduga menjadi pemicu petir menyambar.

“kena petir semalam, jalur wifi. Mohon yang punya wifi harap dilepas. Hancur, meledak,” narasi suara pria dalam rekaman video itu.

Diketahui tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Sejumlah warganet pun turut berkomentar pada unggahan tersebut.

"Sebenarnya jika modem internet dan wifi melalui fiber optik aman dari sambaran petir. Terlihat ini menggunakan jasa rt rw net yang masih menggunakan kabel lan (sejenis tembaga, rawan sambaran petir) untuk sambungan ke rumahnya. Belum juga tiada anti petir di rumahnya," komen naufal***

"Pentingnya memasang alat penangkal petir di atas rumah. Apalagi itu rumahnya di tengah-tengah areal persawahan," ujar astafa***

"Emang paling rawan sih kalau wifi di tempatku, pernah kena sambar petir juga sampai mati tapi alhamdulillah ngga sampai yang gimana-gimana. Belum lama ini juga wifi punya tetangga kesambar. Sekarang kalau ada hujan cepat-cepat cabut kabel wifi dari aliran listrik," kata shepti***

"Pentingnya penangkal petir," ujar hrz***

Kontributor : Fisca Tanjung

News

Terkini

Polisi mengamankan 107 orang usai kericuhan yang terjadi pada saat aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh pendukung Arema FC

News | 07:28 WIB

Kericuhan yang terjadi saat aksi unjuk rasa Aremania di depan Kantor Arema FC menjadi perhatian publik. Aksi tersebut ternyata mengakibatkan korban luka-luka.

News | 17:30 WIB

Pelatih Persebaya, Aji Santoso berpesan kepada Bonek, suporter Bajul Ijo agar bisa menjaga ketertiban tanpa kerusuhan saat tim kesayangannya dijamu Madura United

News | 15:37 WIB

TPPO masih banyak terjadi, modusnya menjadi pekerja migran Indonesia (PMI). Sementara di negara tujuan, korbannya dijanjikan untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART)

News | 22:36 WIB

Apa yang dilakukan Sulaiman ini bisa dibilang nekat betul. Pria 31 tahun asal Kampung Barat Tambak Kelurahan Pejagan Kabupaten Bangkalan, itu menguras barang-barang kantor BMT

News | 09:53 WIB

Nama Samanhudi Anwar keluar belakangan. Mantan Wali Kota Blitar 2 periode ini disangkutpautkan dalam kasus perampokan tersebut setelah sekian lama tenggelam.

News | 08:33 WIB

Seorang pengamen di Kediri, Jawa Timur kedapatan mengendarai motor saat mengamen di sebuah toko pakaian. Hal ini sontak membuat heran warganet.

News | 08:07 WIB

Mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar diduga ikut membantu merancang aksi pencurian dengan kekerasan atau perampokan Rumah Dinas Wali Kota Santoso pada 12 Desember 2023 lalu

News | 08:00 WIB

Setelah hampir dua bulan kasus perampokan disertai penyekapan rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso akhirnya terungkap. Salah satu tersangka ternyata eks Wali Kota Balitar.

News | 21:04 WIB

Para Nahdliyin, sebutan untuk warga Nahdlatul Ulama (NU), saat ini merayakan usia seabad organisasi Islam terbesar di Indonesia itu. Acara puncaknya bakal digelar di Sidoarjo.

News | 12:31 WIB

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menanggapi santai kode-kode dorongan dirinya maju sebagai calon gubernur Jawa Timur ( Jatim ) yang ramai sejak kemarin.

News | 11:31 WIB

Seorang bocah laki-laki berhasil menggagalkan aksi pencurian sepeda motor (curanmor) di sebuah minimarket di Sidoarjo, Jawa Timur. Aksi percobaan pencurian itu terekam CCTV.

News | 10:34 WIB

Kemarin Venna Melinda mendatangi Polda Jatim untuk melengkapi bukti-bukti kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilakukan suaminya, Ferry Irawan.

News | 08:25 WIB

Baru-baru ini beredar kabar pembakaran kitab suci Alquran di Swedia, Eropa. Kasus pembakaran kitab suci ummat Islam ini tentu memicu reaksi dari negara muslim.

News | 08:18 WIB

Wijiono tidak lagi bisa berkutik diborgol polisi. Pria 31 tahun asal Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Jawa Timur ( Jatim ) itu beraksi melakukan penipuan lowongan.

News | 08:02 WIB
Tampilkan lebih banyak