Oleh-oleh Khas Jawa Timur Populer Wajib Anda Bawa Pulang Kalau Plesiran

Provinsi Jawa Timur memiliki 38 kabupaten dan kota. Hampir semua daerah itu memiliki banyak jajanan khas enak-enak dan cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Muhammad Taufiq
Kamis, 16 Maret 2023 | 11:07 WIB
Oleh-oleh Khas Jawa Timur Populer Wajib Anda Bawa Pulang Kalau Plesiran
Gethuk Pisang Kediri [Foto: Instagram]

SuaraJatim.id - Provinsi Jawa Timur memiliki 38 kabupaten dan kota. Hampir semua daerah itu memiliki banyak jajanan khas enak-enak dan cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Jajanan khas Jawa Timur ini juga bisa dijumpai di banyak gerai pusat oleh-oleh atau jajanan di sejumlah kota, terutama daerah-daerah yang terkenal dengan lokasi wisatanya.

Meskipun ada banyak jajanan khas, suarajatim.id akan merangkum 15 saja jajanan populer yang banyak ditemui di berbagai daerah:

1. Almond Crispy

Baca Juga:Wapres dalam Wisuda ke-IX IAI Bani Fattah: Manusia Diberi Tanggung Jawab untuk Memakmurkan Bumi

Produk almond crispy, salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan.(Toko Wisata Rasa) Almond Crispy adalah salah satu camilan yang terbuat dari tepung, gula, telur dan susu bubuk, dengan taburan kacang almond dan keju. Camilan ini berbentuk bundar pipih dengan varian rasa yang beragam, mulai dari cokelat dan keju hingga mocca dan green tea.

2. Sambal Bu Rudy

Sambal Bu Rudy, salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan.(Kompas.com/Silvita Agmasari) Para pencinta pedas mungkin sudah tidak asing dengan Sambal Bu Rudy. Sambal ini terdiri dari tiga rasa yaitu sambal bawang, sambal ijo, dan sambal terasi.

3. Gethuk Pisang Kediri

Kediri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Kediri mempunyai makanan khas yaitu gethuk Kediri. Gethuk ini menjadi makanan yang cukup terkenal dan menjadi salah satu makanan tradisional dari zaman kerajaan.

Baca Juga:Berkas Dinyatakan P21, Ferry Irawan Siap Hadapi Venna Melinda di Sidang Kasus KDRT

Gethuk Kediri berbeda dengan gethuk pada umumnya, karena menggunakan pisang sebagai bahan utamanya. Salah satu pilihan oleh-oleh khas Jawa Timur ini juga dikemas menggunakan daun pisang. Sentra pembuatan Gethuk Kediri berada di dusun Jatisari, Krenceng, Kepung, Kota Kediri. Adapun harganya bervariasi, mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 6.500 per potong gethuk pisang.

4. Dumbleg

Kabupaten Nganjuk juga memiliki makanan khas yang dapat menjadi pilihan oleh-oleh khas Jawa Timur, yakni dumbleg. Dumbleg ini merupakan makanan tradisional dan memiliki bentuk seperti lontong namun mempunyai tekstur seperti dodol.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat salah satu kuliner khas Jawa Timur ini juga mirip, seperti bahan pembuat dodol. Namun terdapat perbedaan pada pengemasannya, jika dodol dibungkus menggunakan plastic, maka dumbleg dibungkus menggunakan pelepah pinang yang diikat dengan menggunakan tali rafia agar kencang.

Secara cita rasa dari dumbleg ini juga berbeda dengan dodo. Dumbleg memiliki cita rasa yang legit dan tidak begitu manis dan bertekstur empuk, tidak alot. Dumbleg dijajakan dengan dua varian, pertama yaitu dumbleg putih dan kedua dumbleg merah. Harga dumbleg dibanderol mulai Rp 7.000 hingga Rp 8.000.

5. Sale Anggur

Sale anggur ini merupakan makanan khas daerah Pacitan, Jawa Timur. Meskipun bernama anggur, bahan pembuatan salah satu oleh-oleh khas Jawa Timur ini tidak menggunakan anggur. Penamaan kuliner ini karena sale ini berbentuk seperti anggur. Sale anggur menggunakan pisang sebagai bahan dasar.

Untuk membuat sale anggur, memerlukan tiga tahap pembuatan. Pertama yaitu melakukan pengeringan pisang raja atau awak di bawah sinar matahari langsung terlebih dahulu.

Selanjutnya itu melakukan pengasapan, dan terakhir yaitu dengan melakukan natrium bisulfit yang akan membasahi pisang secara merata. Melalui proses pembuatan tadi membuat sale anggur ini awet dan tahan lama serta tidak mudah basi, sehingga cocok menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Jawa Timur.

6. Keripik Buah

Berkunjung ke kabupaten Malang, Jawa Timur tidak afdol rasanya apabila tidak membeli keripik buah. Keripik buah ini juga memiliki banyak varian mulai dari keripik buah apel, salak, rambutan, kelengkeng, nangka, dan masih banyak lagi. Keripik buah apel lokal menjadi salah satu jajanan yang diburu wisatawan.

Keripik buah apel juga banyak dijajakan dan menjadi oleh-oleh khas Jawa Timur, sehingga cukup mudah ditemukan. Salah satu kelebihan camilan ini adalah, tahan lama dan awet, berbeda dengan buah aslinya. Untuk bisa membawa pulang camilan ini, Anda cukup menyiapkan uang sekitar Rp 10.000 hingga Rp 25.000 per bungkus.

7. Bolu Kuwuk

Bolu Kuwuk ini merupakan makanan unik khas Banyuwangi. Bolu Kuwuk ini mempunyai bentuk bundar dan kecil serta bertekstur kering, jika dilihat sekilas memang terlihat keras. Namun dalamnya sangatlah lembut.

Bolu Kuwuk ini digemari banyak kalangan, khususnya orang tua. Bolu Kuwuk ini sangat pas jika dimakan berbarengan dengan kopi di pagi hari. Bolu kuwuk biasanya dapat ditemukan saat acara adat istiadat di kabupaten Banyuwangi. Harga bolu ini cukup murah, mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 25.000.

8. Jajanan Geti

Kabupaten Blitar, Jawa Timur merupakan tempat dimana presiden pertama Soekarno dimakamkan. Selain itu destinasi wisata di Blitar juga cukup populer. Blitar juga memiliki aneka jajanan yang dapat menjadi pilihan oleh-oleh khas Jawa Timur. Salah satunya ialah geti, geti ini memiliki cita rasa renyah dan gurih.

Geti terbuat dari kacang tanah, wijen, dan gula merah. Rasa dari gula merah yang manis ini lah membuat rasa geti legit di lidah. Geti ini sangat pas untuk dijadikan pipilah oleh-oleh khas Jawa Timur untuk keluarga tercinta, kerabat, serta tetangga.

Di Blitar geti menjadi hidangan yang wajib ada di setiap acara pernikahan, lebaran, atau di hari penting yang lainnya bagi masyarakat Blitar. Harga geti sangat ramah di kantong, hanya dengan Rp 8.500 Anda sudah dapat menikmati geti ini.

9. Manco Trenggalek

Manco adalah kue kering yang mirip seperti balok-balok kecil, segitiga atau bulat dengan balutan wijen di luarnya. Kue ini mempunyai rasa yang renyah, lengket, dan legit. Ada dua macam kue manco Trenggalek, yaitu manco wijen dan manco ketan. Bahan baku utama dari kue manco menggunakan tepung ketan. Tepung ketan dibuat menjadi adonan kemudian digoreng. Setelah digoreng, manco dibalut dengan gula merah dan diberi wijen.

Jenis manco ketan, biasanya berbentuk seperti tabung dengan rongga di bagian tengahnya dan pada rongga tersebut diberi lapisan kroto. Bentuk dari kue manco ini bervarian mulai dari lonjong, segitiga, sampai tak beraturan. Bagi wisatawan tidak usah khawatir untuk menemukan oleh-oleh khas trenggalek ini, karena disetiap pusat oleh-oleh di Trenggalek menjual kue Manco ini. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 20.000 per kemasannya.

News

Terkini

Keputusan FIFA menganulir Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 sudah final.

News | 08:15 WIB

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi enggan berkomentar banyak terkait keputusan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) yang membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

News | 07:27 WIB

Federasi sepak bola dunia (FIFA) memutuskan mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Dengan demikian, misi Ketum PSSI Erick Thohir gagal.

News | 22:42 WIB

Ratusan orang tewas di Tepi Barat dan Jalur Gaza Palestina sepanjang Tahun 2022. Ada yang menyebut jumlah korban tewasnya 150 orang, namun yang lain mengungkap data kematian t

News | 10:12 WIB

Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) telah menginstruksikan Ketua Umum PSSI Erick Thohir agar menemui FIFA untuk membicarakan atau menegosiasikan nasib Piala Dunia U20 di Indonesia

News | 09:47 WIB

Grup-grup media sosial warga Sidoarjo sedang berisik-berisiknya akhir-akhir ini. Banyak peristiwa terjadi. Mulai dari bahasan politik sampai kriminal.

News | 09:30 WIB

Berikut ini jadwal sholat dan buka puasa untuk wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya, Rabu 29 Maret 2023.

News | 08:53 WIB

Jadwal sholat Surabaya dan jadwal imsak Surabaya, Rabu 29 April 2023.

News | 20:03 WIB

Jelang tandang ke Semarang, Persebaya Surabaya menargetkan 3 poin. Meskipun begitu, tentunya tim PSIS Semarang juga tak akan mudah untuk dikalahkan.

News | 19:06 WIB

Menampilkan Mitsubishi XFC Concept di roadshow, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sepertinya memberikan kejutan pada masyarakat Jawa Timur, khususnya Su

News | 15:00 WIB

Pencurian sepeda motor kembali terjadi di Kota Surabaya. Kali ini korbannya ASN Dinas Kominfo pemkot setempat.

News | 14:37 WIB

Surabaya menjadi salah satu target penting dalam pengenalan Mobil Konsep yang dibawa oleh Mitsubishi Motors, yakni XFC Concept yang diyakini mempunyai desain futuristik.

News | 14:30 WIB

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengingatkan kepada seluruh pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tidak menggelar acara buka puasa bersama yang sifatnya berlebihan.

News | 10:12 WIB

Puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi setiap muslim yang sudah baligh. Umat muslim akan berlomba-lomba mendapatkan pahala.

News | 10:05 WIB

Kepolisian sudah membekuk pengedar bubuk bahan pembuatan petasan yang terkait dengan ledakan dahsyat di Blitar Jawa Timur hingga menyebabkan 4 orang meninggal dunia.

News | 09:51 WIB
Tampilkan lebih banyak