8 Daerah di Jawa Timur Ikut Rasakan Getaran Gempa Banten

Bangun Santoso
8 Daerah di Jawa Timur Ikut Rasakan Getaran Gempa Banten
Ilustrasi Gempa. [Antara]

Meski demikian BPBD belum menerima laporan adanya kerusakan akibat gempa

Suara.com - Gempa tektonik magnitudo 7,4 yang diperbaharui menjadi magnitudo 6,9 yang terjadi pada Jumat (2/8/2019) pukul 19.03 WIB di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa, terasa hingga Jawa Timur. Setidaknya ada 8 daerah di Jatim yang merasakan adanya getaran lindu.

"Ada 8 daerah yang merasakan getaran gempa Banten. Mereka yang melaporkan adalah Kabupaten Malang, Lumajang, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Madiun, Ponorogo, Kabupaten Blitar, dan Pacitan," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Suban Wahyudiono, Sabtu (3/8/2019).

Menurut dia, hingga saat ini belum ada laporan masuk adanya kerusakan akibat gempa tersebut.

"Untuk laporan adanya kerusakan belum kami terima. Saat ini petugas masih mendata di lapangan," katanya.

Meski demikian, Suban berharap masyakat tetap meningkatkan kewaspadaan dan jangan mudah percaya dengan informasi dari sumber yang tidak valid.

"Kami sudah ingatkan agar meningkatkan kewaspadaan kepada 8 daerah tersebut. Selain itu jangan mudah percaya dengan informasi yang tidak valid," ujar dia.

Diketahui, gempa berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang wilayah pesisir Banten dan berpotensi tsunami pada Jumat, 02 Agustus 2019. Namun BMKG memperbarui kekuatan gempa menjadi magnitudo 6,9. Gempa berpusat di kedalaman 48 kilometer Barat Daya Pandeglang.

Kontributor : Achmad Ali

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS