Unik, Warga Sumenep Gelar Lomba Makan Melon Kangean

Chandra Iswinarno
Unik, Warga Sumenep Gelar Lomba Makan Melon Kangean
Lomba makan melon di Sumenep diikuti sejumlah warga dalam rangka memeriahkan perayaan 17 Agustus. [Suara.com/M Madani]

Lomba ini sekaligus untuk lebih mengenalkan melon Kangean kepada masyarakat luas. Melon Kangean merupakan salah satu potensi daerah Sumenep.

Suara.com - Peringatan Hari Kemerdekaan RI biasanya disemarakkan dengan berbagai lomba, mulai dari balap karung, makan kerupuk, panjat pinang hingga tarik tambang. Biasanya jenis lomba yang diselenggarakan hampir selalu sama dari tahun ke tahun.

Namun pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI tahun ini, di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tepatnya disisi barat stadion A Yani Panglegur Sumenep, ada jenis lomba baru yang cukup menarik dan unik, yakni Lomba Makan Melon Kangean.

Kangean adalah salah satu pulau di kabupaten ujung timur pulau madura, terdiri dari dua Kecamatan, diantaranya Kecamatan Arjasa, dan Kangayan. Kangean memiliki hasil pertanian buah yang cukup ternama yaitu melon, kemudian dinamakan Melon Kangean.

Meski baru pertama dilaksanakan, namun lomba ini cukup menarik perhatian masyarakat. Bagaimana tidak, selain bisa makan melon, juara lomba mendapat dua buah melon dan uang tunai dari panitia.

Dalam prosesnya, puluhan peserta yang dibagi menjadi beberapa kelompok harus menghabiskan separuh dalam kurun waktu satu menit. Baik di babak penyisihan maupun final. Peserta paling cepat, dia lah pemenangnya.

Salah seorang peserta, Faisal mengaku senang bisa ikut lomba ini dan keluar sebagai juara. Menurut dia, Lomba Makan Melon Kangean baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Sumenep.

"Seru dan senang tentunya karena bisa jadi juara. Lomba ini sangat unik. Kami bisa makan Melon Kangean yang rasanya berbeda dengan melon-melon lain," ungkap salah satu peserta lomba, Faisal, (17/8/2019).

Panitia lomba, Badrul Aini menjelaskan bahwa lomba tersebut dalam rangka ikut menyemarakkan hari kemerdekaan tahun 2019.

"Apalagi kami memang punya program berbagi rasa dengan masyarakat," ungkapnya.

Di samping itu, lanjut dia, lomba ini sekaligus untuk lebih mengenalkan melon Kangean kepada masyarakat luas. Melon Kangean merupakan salah satu potensi daerah Sumenep.

"Selain memang organik, melon kebanggaan masyarakat Sumenep khususnya Pulau Kangean ini memiliki rasa yang berbeda dengan melon-melon lain di Indonesia," pungkasnya.

Kontributor : Muhammad Madani

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS