Pilkades Unik di Desa Blaban, Rasa Hajatan Pernikahan dan Selfie Bareng

Chandra Iswinarno
Pilkades Unik di Desa Blaban, Rasa Hajatan Pernikahan dan Selfie Bareng
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Wakil Bupati Pamekasan Rajae foto bersama Calon Kepala Desa Blaban. [Dok. Bupati Pamekasan]

Kedua calon memakai jas berdampingan sekaligus lengkap dengan dua pagar ayu yang ada di sampingnya.

Suara.com - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Blaban Kecamatan Batumamar di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur yang digelar pada Rabu (11/09/2019) menjadi perhatian, lantaran penyelenggaraannya yang unik.

Tidak seperti pada umumnya, Pilkades kali ini dikemas layaknya gelaran hajatan pernikahan seperti sepasang pengantin baru di pelaminan. Kedua calon memakai jas berdampingan sekaligus lengkap dengan dua pagar ayu yang ada di sampingnya.

Mereka adalah pasangan suami istri Sukriyanto dan Maimuna. Maimuna nomor urut satu, sedangkan Sukriyanto nomor urut dua. Sementara yang menjadi pagar bagus tak lain adalah anak dari kedua pasangan calon tesebut yaitu Doni dan Maulid.

Pun para pemilih di desa tersebut, sangat antusias menggunakan hak pilihnya, bahkan warga setempat sempat rebutan untuk sekedar foto bareng dengan kedua calon kepala desa tersebut.

"Pokoknya terbaik deh, ini bukan Pilkades mas, tapi kadesnya ingin mantenan lagi," ungkap Aisyah salah satu warga setempat.

Seorang panitia pilkades setempat, Samsul Arifin mengungkapkan, pihaknya sengaja mengonsep pilkades ini dengan mantenan. Sebab, pilkades di Pulau Madura identik dengan Pangantan (pengantin).

Selain itu, karena calonnya diikuti oleh pasangan suami istri.

“Di Madura kalau Pilkades di jajar diatas podium, banyak orang bilang 'pangantan' makanya konsepnya langsung seperti mantenan,” ungkapnya saat dihubungi Suara.com, Rabu (11/9/2019).

Dari informasi yang diterima Suara.com, saat penghitungan surat suara penuh dengan riang gembira.

Sementara Sukriyanto calon Kepala Desa Blaban nomor urut dua mengatakan, sangat bersyukur karena pilkades di daerahnya telah berjalan dengan lancar meski dirinya sendiri kalah sama istrinya.

"Alhamdulillah lancar tanpa rintingan," ungkapnya.

Ketika ditanya siapa yang memenangkan pilkades tersebut, Sukriyanto mengaku kalah dari istri tercinta.

"Ni bini le se menang, (istri yang menang, dik)," jelasnya.

Kontributor : Muhammad Madani

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS