Provokator Dalam Aksi Surabaya Menggugat Disebut Polisi Lempar Kapak

Chandra Iswinarno
Provokator Dalam Aksi Surabaya Menggugat Disebut Polisi Lempar Kapak
Petugas mengamankan seorang terduga provokator di sela-sela aksi mahasiswa Surabaya Menggugat pada Kamis (26/9/2019). [Suara.com/Arry Saputra]

Sudamiran mengatakan pihaknya masih melakukan pendataan terhadap orang-orang yang diamankan saat aksi hari ini.

Suara.com - Polisi membenarkan adanya penangkapan beberapa orang di duga telah memprovokasi aksi 'Surabaya Menggugat' yang berlangsung di depan kantor DPRD Jatim, Kamis (26/9/2019).

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran menyebut ada beberapa orang yang diamankan oleh pihak kepolisian. Penangkapan itu mulai dari aksi pelemparan molotov hingga pelemparan senjata tajam menyerupai kapak.

"Ada yang melempar batu, bahkan melempar kapak juga ada. Yang barusan kami amankan itu karena melempar-lempar dan juga memprovokasi," ujar Sudamiran kepada Suara.com.

Saat ditanya berapa orang yang diamankan, Sudamiran mengatakan pihaknya masih melakukan pendataan terhadap orang-orang yang diamankan saat aksi hari ini.

"Nanti ya, biar kami data dulu. Ada beberapa orang yang kami amankan, kira-kira ada puluhan," jelasnya.

Sudamiran menambahkan, semua orang yang diamankan oleh kepolisian telah dibawa ke Mapolrestabes Surabaya untuk menjalani pemeriksaan.

"Iya mereka kami bawa ke mako untuk menjalani pemeriksaan. Tujuh orang terakhir tadi juga sudah di bawa kesana," imbuhnya.

Sebelumnya, sebanyak tujuh orang telah diamankan oleh polisi lantaran diduga melakukan provokasi dengan melempari aparat. Provokasi itu terjadi saat massa tak kunjung ditemui oleh para dewan di DPRD Jatim.

Kontributor : Arry Saputra

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS