Temui Wagub Jatim, Wabup Mimika Komunikasikan 17 Mahasiswa yang Pulang

Chandra Iswinarno
Temui Wagub Jatim, Wabup Mimika Komunikasikan 17 Mahasiswa yang Pulang
Wakil Bupati Mimika Papua Johannes Rettob bersama Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. [Suara.com/Arry Saputra]

Johannes menyebut, mahasiswa dari Mimika Papua yang tengah studi di Jawa Timur terdata sebanyak 300 orang, 17 orang di antaranya sudah kembali.

Suara.com - Wakil Bupati Mimika Papua Johannes Rettob menemui Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak di Gedung Negara Grahadi, Senin (30/9/2019). Pertemuan ini membahas kondisi mahasiswa Papua yang tengah studi di beberapa kota/kabupaten di Jatim.

Kedatangannya ini lantaran adanya beberapa mahasiswa yang pulang ke Mimika karena merasa tak nyaman dengan situasi setelah ramainya isu-isu Papua beberapa waktu lalu. Ia pun ingin memastikan dengan datang langsung dan meminta izin ke Pemprov Jatim.

"Kita dapat informasi adanya mahasiswa yang pulang ke Mimika, karena merasa tak nyaman. Kami pun datang kesini meminta koordinasi dengan pemerintah dan ditemui oleh Bapak Emil," ucap Johannes.

Johannes menyebut jika mahasiswa dari Mimika Papua yang tengah studi di Jawa Timur saat ini terdata sebanyak 300 orang. Sementara yang pulang sebanyak 17 orang itu ingin diketahui kenapa alasannya pulang.

"Kira-kira apa sih sebenarnya yang mereka rasakan, atau dengar isu lalu ikut-ikutan. Kami ingin melihat itu. kami datang kesini melihat bagaimana kondisinya," kata dia.

Dengan memastikan kondisi itu, ia berharap 17 mahasiwa yang pulang tersebut bisa kembali ke Jawa Timur untuk melanjutkan studi mereka. Pasalnya, para mahasiswa ini rata-rata mendapatkan beasiswa untuk studi di Jatim.

"Dari Mimika di biayai 300an tersebar di Jatim, kami membiayai ada mahasiswa yang di biayai beasiswa secara penuh, ada mahasiwa yang dibiayai lembaga, dana afirmasi ataupun biaya sendiri," ujarnya.

Saat ditanya apakah ada mahasiswa dari Mimika yang tinggal di Asrama Kalasan, Johannes membantah hal itu. Para mahasiwa yang studi di Jatim kebanyakan tinggal dekat dengan kampus mereka

Ia memastikan mahasiswa yang tengah studi di Jatim dalam kondisi yang aman, bisa menyesuaikan dengan kultur yang ada di Jatim.

"Kebetulan kami di Mimika tidak ada yang disitu, Kami titip anak-anak kami oleh Pemerintah Jatim untuk bisa betah sekolah di Jatim bersikap menyesuaikan di Jawa Timur," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil menyambut baik kedatangan Johannes. Dengan hadirnya dia diharapkan bisa menjalin komunikasi yang baik antara pemerintah Mimika dan Pemprov Jatim.

"Kita sangat mengapresiasi kedatangan pak wabup, kami menyambut baik karena berhubungan secara langsung. Kami siap untuk mendapatkan feedback kira-kira apa yang bisa menambah rasa aman dan nyaman dari para mahasiswa dan mahasiswi asal Mimika yang ada di sini," ucap Emil.

Ia juga berpesan kepada mahasiwa yang pulang ke Mimika bisa kembali melanjutkan studi di kampusnya masing-masing. Jawa Timur dalam kondisi aman, dan di harapkan mahasiswa bisa menuntaskan studinya.

"Bagi mereka yang sudah pulang ke sana dan ingin kembali ke sini tentu kita sangat menyambut baik. Karena kita ingin saudara-saudari kita yang dari Mimika, Papua dan Papua Barat bisa menuntaskan studinya sehingga ikut berperan membangun bangsa," tutur Emil.

Kontributor : Arry Saputra

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS