Pelantikan Jokowi Hari Minggu, Gereja di Malang Ikut Tingkatkan Kewaspadaan

Reza Gunadha
Pelantikan Jokowi Hari Minggu, Gereja di Malang Ikut Tingkatkan Kewaspadaan
Ilustrasi gereja. (shutterstock)

"Iya, imbauan dari KWI ada," kata Romo Djono dihubungi melalui pesan singkat, Sabtu (19/10/2019).

Suara.com - Momentum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo - Maruf Amin bertepatan dengan kegiatan rutin ibadah umat kristiani, Minggu 20 Oktober 2019.

Merespons itu dan situasi keamanan yang berkembang, pengurus gereja ikut meningkat kewaspadaan, tak terkecuali Gereja Katolik Hati Kudus Yesus (HKY) di Kota Malang Jawa Timur.

Pastor Kepala Paroki HKY Romo  Alberto A Djono menjelaskan, pihaknya telah mendapatkan surat imbauan dari Komisi Waligereja Indonesia (KWI), 17 Oktober 2019 lalu.

Ada dua poin imbauan, termasuk untuk memperhatikan keamanan gereja. Pengurus gereja diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan tindakan antisipasipatif.

Di antaranya memastikan lingkungan gereja dalam kondisi aman dengan mencegah dan atau mewaspadai kehadiran orang yang mencurigakan.

Selanjutnya, memaksimalkan satuan pengamanan dan petugas gereja yang lain. Koordinasi dengan aparat keamanan setempat, mengperbarui nomor-nomor telpon untuk emergensi, serta mengaktifkan CCTV.

"Iya, imbauan dari KWI ada," kata Romo Djono dihubungi melalui pesan singkat, Sabtu (19/10/2019).

Sementara itu, pantauan wartawan di Gereja Katolik HKY atau dikenal Gereja Kayu Tangan Kota Malang ratusan jemaat beribadah seperti biasanya.

Ada tiga personel Polres Malang Kota juga terlihat berjaga-jaga. Menjelang jadwal  ibadah pukul 18.30 WIB, ketiga personel polisi melakukan sterilisasi setiap sudut dalam gereja.

Setelahnya, polisi memantau setiap jemaat yang hadir di pintu masuk utama gereja yang masuk dalam cagar budaya itu.

Terpisah, Kapolres Malang Kota AKBP Dony Alexander mengatakan, pihaknya melakukan pengamanan gereja sesuai skala pengaman ibadah rutin hari-hari biasanya.

Dony enggan merinci gereja mana saja dan berapa total personel yang dilibatkan saat  dikonfirmasi mengenai peningkatan pengamanan gereja bertepatan dengan momentum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, 20 Oktober 2019, esok.

Kontributor : Aziz Ramadani

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS