Gantikan Irjen Toni Harmanto, Brigjen Djamaludin Jabat Wakapolda Jatim

Chandra Iswinarno
Gantikan Irjen Toni Harmanto, Brigjen Djamaludin Jabat Wakapolda Jatim
Serah terima jabatan Wakapolda Jatim dari Irjen Pol Toni Harmanto kepada Brigjen Pol Djamaludin dilakukan oleh Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan, Senin (21/10/2019). [Suara.com/Achmad Ali]

Pergantian orang nomor dua di Polda Jatim dilakukan pada Senin (21/10/2019) atau tertunda pelantikan Presiden Republik Indonesia pada Minggu (20/10/2019).

Suara.com - Jabatan Wakil Kepala Polisi Daerah (Wakapolda) Jawa Timur yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Toni Harmanto kini dijabat Brigjen Pol Djamaludin.

Pergantian orang nomor dua di Polda Jatim dilakukan pada Senin (21/10/2019) atau tertunda pelantikan Presiden Republik Indonesia pada Minggu (20/10/2019).

Brigjen Djamaluddin sebelumnya diketahui berdinas di Mabes Polri dan menjabat sebagai Karorenmin Lemdiklat Polri. Sedangkan, Brigjen Toni Harmanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Jatim kini mengemban tugas dan jabatan sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mangatakan, sertijab Wakpolda ini mundur dari jadwal karena ada pelantikan Presiden RI.

"Ini juga sebetulnya agak tertunda dibanding dengan teman-temannya yang lain, karena kebetulan rencana yang sudah kami susun ternyata ada siaga 1 sehingga kami tidak bisa mengundang para kapolres jajaran," katanya.

Lebih lanjut Luki menyampaikan, Wakpolda Djamaludin bukanlah wajah baru di Jawa Timur. Sebelumnya, Djamaludin pernah menjabat sebagai Karo SDM dan Irwasda Polda Jatim.

"Pak Waka (Wakapolda) Djamaludin bukanlah wajah baru di Jawa Timur. Beliau pernah mengisi posisi di Polda Jatim sebelum menjabat Karorenmin Lemdiklat Polri," katanya.

Sementara Irjen Pol Toni Harmanto mengaku memiliki kesan yang mendalam dengan Jatim. Toni berharap, Djamaludin mampu menggantikan perannya dengan baik, terutama tentang penumpasan narkoba.

"Kesannya luar biasa Polda Jawa Timur guyub rukun dan anggota-anggotanya luar biasa. Masalah-masalah yang terjadi, kasus yang menjadi masalah isu publik termasuk kasus narkoba yang sejak saya masuk. Semoga ini bisa terus dilanjutkan oleh pejabat baru. insyaallah akan diteruskan," kata Toni.

Turut hadir dalam upacara kali ini seluruh pejabat utama Polda Jatim, Pengurus Daerah Bhayangkari Jawa Timur, Kapolrestabes/Polresta Kapolres jajaran Polda Jatim, Pamen Pama dan Bintara Polda jatim serta ASN dari Polda Jatim.

Kontributor : Achmad Ali

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS