Arumi Bachsin Dijagokan Jadi Calon Bupati Sidoarjo 2020

Pebriansyah Ariefana
Arumi Bachsin Dijagokan Jadi Calon Bupati Sidoarjo 2020
Arumi Bachsin bersama suaminya, Emil Dardak [Suara.com/Ummi Hadya Saleh]

Ada sekitar tujuh figur perempuan yang rata-rata memiliki latar belakang politik untuk maju pada Pemilihan Bupati Sidoarjo 2020.

Suara.com - Direktur Eksekutif Forum Muda Demokrasi (Fomdem) Jawa Timur Rusman Hadi merekomendasikan sejumlah tokoh perempuan yang dipandang layak memimpin Kabupaten Sidoarjo periode 2020-2025.

Dari sejumlah nama itu salah satunya adalah istri Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, Arumi Bachsin. Kemudian politisi di PAN Jawa Timur Azza Irene Mufia; politikus Gerindra yang juga anggota DPRD Sidoarjo, Mimik Idayana; dan anggota DPRD Sidoarjo dari Partai Nasdem, Nurhendriyati Ningsih.

Lalu ada nama Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah; Ketua DPC Partai Demokrat, Juana Sari; anggota DPRD Sidoarjo dari PKS, Vike Widya Asrori; terakhir adalah anggota DPRD Sidoarjo yang juga politikus PDI Perjuangan, Kasipah.

Sedikitnya ada sekitar tujuh figur perempuan yang rata-rata memiliki latar belakang politik untuk maju pada Pemilihan Bupati Sidoarjo 2020.

“Sidoarjo butuh figur perempuan untuk menjadi bupati maupun wakil bupati,” ujar Rusman dalam keterangan resminya, Rabu (6/11/2019).

Rusman menyebut, penilaian terhadap tujuh perempuan itu dilandasi dari perjalanan karir politiknya. Seluruhnya memiliki pengalaman yang cukup bagus.

“Sidoarjo menjadi kabupaten penyanggah perekonomian Jatim. Karena itu Sidoarjo memiliki nilai strategis dan butuh figur yang layak menjadi pemimpin,” tandasnya.

Mantan Bendahara Umum PMII Jawa Timur ini meyakini bahwa pemimpin perempuan mampu membawa Sidoarjo semakin baik.

“Sudah saatnya kabupaten yang bertetangga dengan Surabaya itu memiliki pemimpin perempuan,” jelasnya.

Rusman berharap pimpinan partai politik dan masyarakat Sidoarjo memberikan kesempatan yang lebar pada figur perempuan. Menurutnya sudah banyak bukti figur perempuan sanggup menjadi pemimpin.

“Pemimpin perempuan sudah teruji. Contohnya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Bu Khofifah (Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa),” ungkapnya.

Namun sejauh ini tokoh perempuan ini belum muncul mencalonkan diri sebagai bakal calon bupati di Kota Delta itu pada pilkada serentak 2020. Justru pada Pilbup Sidoarjo 2020 masih memunculkan nama-nama lama.

Sebut saja putra Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Achmad Amir Aslichin (akrab disapa Iin) yang santer maju menjadi bakal calon bupati. Putra Gus Ali yang mengasuh pondok pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo, yakni Ahmad Muhdlor Ali atau yang akrab disapa Gus Muhdlor.

Mantan anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Bambang Haryo Soekartono dan mantan Ketua DPRD Sidoarjo 2014 yang juga putra dari Gus Manab (almarhum) Sullamul Hadi Nurmawan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS