Wali Kota Risma Sidak Lokasi Banjir Darmo Park Surabaya yang Sempat Viral

Bangun Santoso
Wali Kota Risma Sidak Lokasi Banjir Darmo Park Surabaya yang Sempat Viral
Wali Kota Risma saat sidak di halaman pertokoan Darmo Park yang banjir dan viral di medsos. (Suara.com/Dimas Angga P)

Risma menyebut sudah berkali-kali melayangkan surat kepada pengelola Darmo Park untuk pembenahan, tapi tak ada tanggapan.

SuaraJatim.id - Banjir di halaman pertokoan Darmo Park, Surabaya dan menenggelamkan banyak kendaraan bermotor sempat viral di media sosial. Kondisi itu juga memancing rasa penasaran Wali Kota Tri Rismaharini untuk menyambangi lokasi tersebut.

Wali Kota Risma, sapaan akrab Tri Rismaharini, meninjau lokasi banjir di halaman pertokoan Darmo Park pada Sabtu (18/1/2020).

Menurut dia, bahwa pertokoan tersebut lokasinya memang rendah. Ia menyebut, Pemkot Surabaya sebenarnya ingin membuatkan saluran air di wilayah itu, namun belum ketemu dengan pemilik maupun pengelola pertokoan untuk meminta izin.

"Jadikan tempatnya mereka itu kan rendah, kita sudah berkali-kali minta, kita membuat saluran di situ, nah tapi mereka tidak menanggapi saya. Ya bagaimana, masa Surabaya seperti tempat itu, padahal dia cuma di situ saja karena dia rendah," ujar Risma.

Meski belum bertemu pemilik, maupun pengelola, Pemkot Surabaya, kata Risma, akan mengambil tindakan. Salah satunya dengan memasang pompa.

"Jadi ya sudah lah, saya ngomong, kita juga ndak (tidak) sempat, sampai sekarang enggak bisa ketemu dengan pemiliknya. Yang sudah kita pasang pompa saja, nanti kita akan pompa untuk dia khusus," ucapnya.

Risma menyebut, Dinas PU Bina Marga dan Pematusan, sudah mengirimkan surat kepada pengelola dan pemilik pertokoan yang ada di Jalan Mayjend Sungkono. Namun belum ada tanggapan positif, baik dari pemilik maupun pengelola.

"Bu Erna (Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan) sudah berkali-kali kirim surat belum ditanggapi. Sudah, kita akan pasang pompa khusus kawasan itu," ujar Risma menambahkan.

Dari pantauan Suara.com di lokasi, Darmo Park 2, yang berada di sisi barat sudah mulai dibenahi sistem drainasenya. Pemkot Surabaya mengerahkan dua sampai tiga eskavator untuk mengeruknya saluran air guna dipasang box culvert.

Sementara di Darmo Park 1, yakni sebelah Timur belum dilakukan pembenahan karena belum ada kesepakatan dengan pemilik maupun pengelola.

Selain itu, setelah dicek lagi, di dalam saluran drainase bagian Darmo Park 1 Surabaya, ditemukan banyak sekali kabel-kabel yang berada di bawah.

"Memang kemarin masalahnya begitu, jadi sudah saya lihat, solusinya seperti ini, soalnya pekerjanya bingung menyelesaikan ini kabel-kabel di situ. Ini aku membuat desain sendiri, jadi nanti kabelnya kita akan pasang di luar. Jadi kita pasang itu, kita kasih klaim-klaim, tak suruh bikin kan anak-anak tas nyapu, nanti pipanya ditaruh di situ (di atas) menumpuk, kemudian setelah itu baru kita tutup pakai kerbing atasnya kita tutup, kalau perbaiki tinggal kita buka," kata Risma.

Kontributor : Dimas Angga Perkasa

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS