Terpikat Produk Anak Bangsa, Polri Pesan Kapal Multifungsi ke PT PAL

RR Ukirsari Manggalani
Terpikat Produk Anak Bangsa, Polri Pesan Kapal Multifungsi ke PT PAL
Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto [Suara.com/Achmad Ali].

Polri memiliki rencana memesan kapal LPD untuk berbagai misi, termasuk kemanusiaan.

SuaraJatim.id - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto berencana memesan kapal multi fungsi buatan anak bangsa yang bisa dimanfaatkan untuk misi kemanusiaan.

Untuk itu, dirinya datang langsung meninjau sebuah kapal dari PT PAL Indonesia. Kapal besar yang multifungsi ini berjenis Kapal Landing Platform Dock (LPD).

"Kapal Landing Platform Dock (LPD) adalah sebuah kapal tipe amfibi yang mampu memuat, meluncur, dan mendaratkan alutsista kekuatan darat atau udara secara terbatas sejenis helikopter dalam sebuah misi peperangan. Termasuk memuat pasukan melalui zona laut," terang Agus Andrianto, saat berkunjung di Mapolda Jatim Selasa (4/2/2020).

Namun, Agus Andrianto berharap selain untuk misi khusus, kapal tadi juga bisa dimanfaatkan untuk kemanusiaan.

"Keberadaan kapal ini nanti juga bisa dioptimalkan, betul-betul bisa membantu masyarakat operasi kemanusiaan. Bisa saja nanti dijadikan rumah sakit," ujarnya.

Agus Andrianto menambahkan, kebutuhan kapal tersebut sudah disampaikan ke PT PAL agar memenuhi permintaan pesanan kapal yang Polri inginkan.

"Kelihatannya PT PAL mampu. 1 aja cukup mahal, dan kami sedang cari sumber dana seperti apa, karena ini kan gak bisa pakai rupiah murni, ataupun APBN," pungkasnya.

Kontributor : Achmad Ali

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS