Dampak Corona, IAIN Tulungagung juga Berlakukan Kuliah Berbasis Daring

Chandra Iswinarno
Dampak Corona, IAIN Tulungagung juga Berlakukan Kuliah Berbasis Daring
Virus Corona Covid-19 masih menjadi momok di China, dengan jumlah korban terus mengalami peningkatan. (Shutterstock)

Beberapa program pertemuan yang melibatkan banyak orang juga diperketat. Pihak kampus juga menunda kegiatan melibatkan pihak luar melalui perjanjian kerja sama.

SuaraJatim.id - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung resmi memberlakukan program kuliah berbasis daring. Hal yang sama juga berlaku pada penyelenggaraan ujian tengah semester (UTS).

Berdasarkan Surat Edaran Rektor IAIN Tulungagung, beberapa program seperti magang termasuk jadwal wisuda juga ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

"Kegiatan wisuda, KKN, PPL, PKL, magang dan praktik lainnya yang melibatkan banyak peserta dan pihak luar, pelaksanaannya ditunda sampai ada ketentuan lebih lanjut," kata Kasubag Humas dan Informasi IAIN Tulungagung Ulil Abshor dalam rilis yang disampaikan pada Minggu (15/3/20) malam.

Beberapa program pertemuan yang melibatkan banyak orang juga diperketat. Pihak kampus juga menunda kegiatan melibatkan pihak luar melalui perjanjian kerja sama (PKS) serta kegiatan non-akademik mahasiswa hingga waktu yang belum ditentukan.

"Untuk kegiatan seminar proprosal, ujian skripsi, ujian tesis, dan ujian disertasi berjalan sebagaimana mestinya dengan membatasi jumlah kehadiran mahasiswa," jelasnya.

Perubahan program perkuliahan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona itu juga dilakukan dengan merubah proses absensi. Dari yang sebelumnya menggunakan scan sidik jari kini berganti manual. Ini berlaku sepuluh hari mulai Senin (16/3/2020) hingga Kamis (26/3/2020).

Sedangkan untuk dosen dan mahasiswa dilarang untuk melakukan perjalanan ke luar daerah atau luar negeri terutama dari wilayah terpapar Virus Corona. Bila baru tiba dari lokasi terpapar diminta untuk swa karantina di rumah masing-masing.

Bila ada warga IAIN merasakan gejala mirip Virus Corona diminta untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau fasilitas kesehatan lainnya.

Pihak kampus menghimbau kepada warga IAIN Tulungagung untuk tetap menjaga pola hidup sehat serta rutin membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir.

"Seluruh keluarga besar IAIN Tulungagung agar tetap tenang, menjalankan tugas sesuai tupoksi-nya dengan senantiasa menjaga pola hidup bersih dengan rutin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer," katanya.

Kontributor : Farian

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS